Maruti-Suzuki-Brezza-high-res-imagesJika Anda ingat, awal tahun ‘90-an, Suzuki Vitara hadir sebagai pelopor compact SUV di Tanah Air. Saat itu dengan desain yang tampil lebih modern dibandingkan SUV pendahulunya Suzuki Jimny, membuat mobil ini sekejap menjadi salah satu mobil favorit di tengah masyarakat Indonesia

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Kala itu, beberapa pabrikan lain tak memiliki line-up SUV yang sebanding se­bagai kompetitornya, ka­rena masih berkonsentrasi mengisi pasar MPV keluarga, tak heran jika Vitara menjadi satu-satunya pilihan SUV yang dicintai meski banderol harganya terbilang tinggi saat itu.

Kini, di tengah tak suksesnya generasi penerus Vitara di Tanah Air, tampaknya ada satu pintu hara­pan yang dimiliki oleh Suzuki un­tuk kembali turut menguasai pasar SUV. Apalagi produk ini juga masih mengusung nama legendaris Vita­ra, yaitu Vitara Brezza. SUV mungil yang hadir gelaran New Delhi Auto Expo, Februari lalu ini memang menawarkan keunikan tersendiri.

Mengingat pasar utama yang diincar adalah Negeri Taj Mahal, India, SUV ini tak bisa dibilang sek­edar memiliki dimensi yang kom­pak, namun juga cukup mungil. Lihat saja angka-angka sosoknya: panjangnya hanya 3.995 mm, leb­arnya 1.790 mm dan tingginya 1.640 mm. Panjang mobil yang kurang dari 4 meter ini merupakan salah satu syarat untuk memangkas pajak di India, alhasil harga yang ditawarkan di sana menjadi san­gat kompetitif. Bandingkan dengan Ford Ecosport yang panjangnya mencapai 4.235 mm, atau Nissan Juke yang mencapai 4.135 mm.

============================================================
============================================================
============================================================