Sebagai kabupaten termaju di Indo­nesia, menurut Ifah, bukan berarti Ka­bupaten Bogor harus menjadi yang no­mor satu. Dari sekian ratus kabuaten, lanjutnya, bisa saja Kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di Indone­sia pada urutan kedua, ketika, atau ke­sepuluh.

Diakui oleh Ifah, banyak tantangan yang masih harus dihadapi Kabupaten Bogor untuk menjadi kabupaten terma­ju di Indonesia, antara lain masalah kemiskinan, angka pengangguran, kualitas sumber daya manusia, dan in­frastruktur. ‘’Namun kita harus bersyu­kur bahwa Kabupaten Bogor memiliki sejumlah keunggulan alam sebagai pemberian dari langit. Kabupaten Bo­gor memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa,’’ katanya.

Karena itu, menurut Ifah, yang akan dipertandingan untuk menuju kabu­paten terbaik di Indonesia, Kabupaten Bogor akan mengangkat dan mengem­bangkan keunggulan-keunggulan yang telah dimiliki. Di bidang pertanian, misalnya, Kabupaten Bogor akan men­gunggulkan produksi beras karena me­miliki IPB (Institut Pertanian Bogor). Di bidang perikanan, misalnya, Kabu­paten Bogor memiliki keunggulan di bidang pembenihan ikan dan ikan hias.

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Juara Runner Up Piala Thomas 2024

Sebagai catatan, ikan baung yang sagat digemari di Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, ternyata dikirim dari Kabupaten Bogor. Orang Kabupat­en Bogor sendiri mungkin jarang yang tahu seperti apa lezatnya ikan baung produksi Kabupaten Bogor.

Selain memiliki keunggulan SDA (Sumber Daya Alam), Kabupaten Bo­gor juga memiliki jumlah penduduk yang sangat besar yakni 5,4 juta jiwa. Jumlah penduduk yang besar ini meru­pakan modal dasar yang kuat dalam melaksanakan pembangunan. ‘’Selain itu, posisi Kabupaten Bogor yang ber­batasan dengan ibukota negara Jakarta dan Provinsi Banten, menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor asing dan investor nasional,’’ katanya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 3 Mei 2024

Acara Forum Konsultasi Publik ini yang semula dirancang hanya sampai jam 12.00 atau jelang solat Dhuhur, ternyata baru bisa berakhir sekitar pukul 13.15 karena banyaknya peserta forum yang ingin menyampaikan usu­lan dan pendapat. Dan, Ifah yang me­mimpin acara ini memberikan ruang bagi para penanya.

(Abdul Kadir Basalamah)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================