Sementara itu, Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Ru­sia, Vladimir Putin, dalam sasana bersahabat dan terbuka dalam upaya menin­gkatkan kerja sama di berb­agai bidang.

“Ini tampak dari level pemerin­tah dan swasta, terutama dalam upaya peningkatan ekspor buah, sayuran sawit, dan potensi pariwisata. Semua potensi ini akan ditindaklanjti Indonesia,” katanya.

Terkait investasi, menurut Menlu, antara lain ada komitmen pembangunan kilang minyak dan gas oleh pengusaha Rusia senilai 13 miliar dolar AS. Juga sudah di­tandatangani lima kesepakatan kerja sama, antara lain bidang pertahanan, fishing, kebudayaan dan arsip kementerian.

BACA JUGA :  Marsinah, Aktivis yang Tewas Misterius saat Perjuangkan Hak Buruh

Di Rusia, Presiden Jokowi juga menghadiri KTT ASEAN-Ru­sia yang dilakukan dalam mem­peringatii 20 tahun kemitraan ASEAN-Rusia.

“Tampak ada keinginan Rusia untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang ekonomi dan re­spons terhadap isu integrasi eko­nomi,” katanya.

Dalam Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Bisnis Per­himpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Rusia, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa hal antara lain kemitraan ASEAN dan Rusia harus membawa man­faat bagi perdamaian dan kemak­muran.

“Presiden Jokowi juga me­nyampaikan pentingnya pem­bangunan arsitektur keamanan kawasan dengan mengedapankan sentralitas ASEAN dan meminta dukungan Rusia atas perlunya ar­stektur keamanan kawasan yang diusulkan Indonesia itu,” katanya.

BACA JUGA :  Gegara Balapan Motor, Siswa SMP di Makassar Dikeroyok 5 Pria Terekam CCTV

Presiden Jokowi juga menekankan kerja sama ekonomi dalam konteks ASEAN-Rusia, ter­utama dalam bidang energi dan konektivitas.

Di sela-sela KTT ASEAN-Ru­sia, Presiden Jokowi juga bertemu dengan PM Vietnam yang baru, Nguyen Xuan Phuc, dan memba­has upaya mendorong pencapa­ian target volume perdagangan 10 milliar dolar AS pada 2018 dan mendorong kelanjutan pemba­hasan delimitasi pebatasan mari­tim RI-Vietnam.

“Presiden Jokowi juga ber­temu dengan PM Singapura yang membahas rencana kunjungan­nya ke Indonesia dalam waktu dekat ini,” demikian Retno Mar­sudi. (NET)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================