Untitled-1AMALIA DIAN PUSPITASARI
[email protected]

Bagi warga kam­pung Semplak, Gang Walet, Kelurahan Bubu­lak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menanam pohon tak harus menunggu lingkungannya tandus dulu. Tetapi pada saat lingkungan masih hijau­pun mereka tetap melaku­kan penanaman pohon.

‘’Lingkungan kami me­mang masih sangat hijau kare­na dekat dengan hutan Cifor. Tetapi kami tetap merasa per­lu menanam untuk melaku­kan regenasi pohon,’’ kata Ketua RW 4 Kampung Sem­plak Gumilar Nugraha ketika menyambut kedatangan Tim Bogor Hejo, Alumni Fahutan IPB E28, dan RAPI Kota Bogor yang akan melakukan pena­naman pohon di Gang Walet, Kampung Semplak, Kelura­han Bubulak, Kecamatan Bo­gor Barat, Minggu (22/5/2016)

Penanaman pohon seka­ligus kerja bakti warga ini dihadiri antara lain Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Ketua Gerakan Ta­nam Pohon Alumni Fahutan IPB E28 Hari Priyadi, Gen­eral Manager SKH Bogor To­day Amalia Dian Puspitasari, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, alumni Fahutan 28 Suparno, Wiji dari RAPI, para relawan Bogor Hejo, dan pu­luhan warga setempat.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gaungkan Program Ekonomi Hijau untuk Peringati Hari Otda ke-XXVIII

Karena itu, Gumilar men­gaku sangat senang kedatan­gan Tim Bogor Hejo dan Alumni Fahutan 28 untuk membantu melakukan pena­naman pohon di lingkungan RW 4. ‘’Tentu, kami juga sangat mendukung gerakan penanaman pohon setiap hari yang dilakukan Bogor Hejo. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif,’’ katanya.

Hari Priyadi yang mem­berikan edukasi kepada warga menjelaskan berbagai man­faat dari kegiatan menanam pohon. Menuryt Hari, mena­nam pohon merupakan usaha untuk memperbaiki lingkungan, menghilang­kah polusi udara, menye­diakan oksigen, memenuhi kebutuhan buah-buahan.

‘’Selain itu juga pent­ing bagi masyarakat untuk terus menjaga lingkun­gan. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengubah sampah menjadi pupuk or­ganik,’’ kata doktor kehu­tanan lulusan Swedia ini.

BACA JUGA :  Melonguane Sulut Guncang Gempa Magnitudo 4,6

Edukasi pohon semakin semarak karena dilanjutkan dengan kuis pohon yang di­pandu Amel, panggilan akr­ab Amalia Dian Puspitasari. Kuis berhadiah buku tulis dari BTN Kota Bogor dan pa­yung cantik dari Bank BJB. Bukan hanya para orang tua yang berhasil meraih hadiah, tetapi juga anak-anak usia SD yang ikut terlibat dalam keg­iatan penanaman pohon.

Kuis pohon yang juga mel­ibatkan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat dan akan-anak yang sejak pagi ikut ak­tif kerja bakti di Gang Walet RW 4. Mereka tampak sangat menikmati acara edukasi po­hon ini. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================