Produksi tebu di Venezuela pada 2016-2017 diperkirakan men­capai 430.000 ton, turun dari 450.000 ton dari 12 bulan sebel­umnya, dan mengimpor 850.000 ton gula mentah dan halus, menu­rut data USDA. Ekonomi yang menurun menyebabkan warga harus mengantre untuk membeli bahan pokok.

Masalah ekonomi membuat konsumen harus mengantri be­berapa jam untuk membeli bahan makanan pokok.

Ekonomi Venezuela diperki­rakan akan menurun 8% pada 2016 setelah jatuh sampai 5,8% pada tahun lalu. Selama ini negara terse­but sangat tergantung pada min­yak, dan anjloknya harga minyak dunia mendorong resesi di Ven­ezuela.

Maduro telah mengumumkan keadaan darurat dalam upaya un­tuk menangani krisis ekonomi. Kri­tik menyebutkan kebijakan itu un­tuk meningkatkan kekuatan militer dan kekuasaannya.

Sementara itu, perusahaan pembuat ban Bridgestone men­gatakan menjual usahanya di Ven­ezuela, pada Senin lalu, setelah beroperasi di negara itu selama enam dekade. Aset perusahaan yang berada di Venezuela akan di­jual ke Grupo Corimon.

Perusahaan multinasional lain seperti Ford, Procter & Gamble dan Halliburton telah mengurangi investasi dan membatasi investasi mereka di Venezuela.

(Yuska Apitya/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================