new_3742_0b-(1)LESMO– Mesin motor Yamaha YZR M-1 milik Valentino Rossi langsung diterbangkan ke Jepang untuk mengetahui penyebab kerusakan mesin yang menimpa The Doctor di GP Italia, akhir pekan lalu hingga membuatnya gagal finis dalam balap kandan­gnya.

Team Principal Movistar Ya­maha, Lin Jarvis sangat menye­sali insiden yang menimpa The Doctor. Pasalnya, tak cuma Rossi yang mengalami masalah serupa. Rekan setimnya, Jorge Lorenzo pun mengalaminya, namun X-Fuera cukup beruntung karena itu terjadi dalam sesi pemanasan di pagi hari waktu setempat.

Sementara Rossi, apes bukan main karena harus menerima ke­nyataan keluar dari Sirkuit Mug­ello saat balapan menyisakan 15 lap. Rossi pun harus menang­gung malu yang luar biasa di ha­dapan pendukungnya sendiri.

“Ini sangat tidak biasa terjadi di mana dalam satu balapan, kami memiliki masalah yang sama pada kedua pebalap. Jelas itu sesuatu yang kita perlu me­lihat lebih jelas penyebabnya,” kata Jarvis dikutip MCN, Rabu (25/5/2016).

“Karenanya bahan akan dikirim ke Jepang untuk mengi­dentifikasi masalah tersebut dan sebelum ke Barcelona kita akan mengetahui penyebabnya, seka­ligus dapat mengambil tindakan pencegahan,” ungkap Jarvis.

Jarvis sangat kecewa dengan kejadian ini. Karena, sejak awal balapan di Sirkuit Mugello, Ya­maha berhasil menempatkan pembalap di posisi satu-dua. Dan sayangnya, tim hanya mampu merayakan ke­menangan bersama Lo­renzo saja.

“Kami kehilangan kesempatan emas untuk tetap menjaga posisi satu-dua di Mugello. Tapi, na­sib buruk dan baik pergi ber­s a m a a n . Kami memiliki dua mesin selama balapan ini dan untungnya Lo­renzo mengalami masalah sela­ma sesi pemanasan,” lanjutnya.