4.-pict_home-NICE– Pebalap Indonesia, Rio Haryanto bakal melanjutkan tore­han sejarahnya saat mengaspal di seri keenam Formula 1 (F1) GP Mo­naco, Minggu (29/5/2016) malam WIB. Pebalap yang membela Tim Manor Racing itu pun sudah tak sabar memacu mobil MRT05 mi­liknya sembari mengenang raihan podium di sirkuit itu kala masih berlaga di GP2.

Monaco jadi seri balap ketiga di daratan Eropa yang dirasakan Rio setelah sebelumnya bertarung di Rusia dan Spanyol. Sejatinya, Monaco bukan tempat yang asing untuk pilot jet darat kelahhiran Surakarta itu.

Prestasi terbaik Rio di sirkuit jalan raya itu, saat naik podium ketiga pada musim 2014 bersama Tim Caterham pada sesi sprint race GP2.

Rio yang kariernya di ajang Formula 1 tengah terganggu masalah dana, kembali meng­hadapi Lewis Hamilton Cs di seri keenam musim 2016. Sejauh ini, Rio belum mendulang poin sama sekali setelah cuma tiga kali me­nyelesaikan balapan di peringkat bawah dan dua kali gagal finis.

Kini, Rio kembali ke sana den­gan mobil yang jauh lebih cang­gih. Ia pun mengaku tak sabar bisa menjalani debut mengemu­dikan mobil F1 di Monaco. Rio mengatakan hal ini sama rasanya sewaktu menjalani debut di seri perdana Australia beberapa wak­tu lalu.

“Masuknya saya dalam Grand Prix pertama di Melbourne adalah perasaan yang sangat istimewa, tapi saya yakin persaingan di GP Monaco pertama nanti juga akan mirip rasanya,” ucap Rio diku­tip The Checkered Flag, Rabu (25/5/2016).