Para penjual buah-buahan segar ini kebanyakan perempuan dan berpakaian sangat rapi dan bersih serta memajang buah-buahan yang dijualnya dnegan penampilan yang membuat orang tergiur dan tertarik ingin membeli. Semua yang dijual di Thailand menarik perhatian pembeli dan harganya pun sangat terjangkau.

Ada berbagai jenis buah-bua­han di Thailand yang juga biasa kita makan di Indonesia, seperti di bawah ini.

  1. Durian

Di Thailand, durian disebut dengan Too-rian atau Thu-rian. Ti­dak masalah jika orang Indonesia ingin membeli durian, para pen­jual sudah terbiasa dengan turis dari Indonesia. Durian di panen pada bulan April hingga Mei.

Durian yang paling terkenal adalah jenis Mon Thong, du­rian ini memang pertama kali di budidayakan di Thailand. Harga durian di Thailand berkisar antara 20-60 Baht per kilonya. Untuk durian yang sudah dikupas, rata-rata dijual seharga 40 Baht.

  1. Jambu air Thailand
BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Minta Tingkatkan Program DWP Sampai ke Unit

Jambu air Thailand dalam bahasa inggris biasa disebut den­gan rose apple dan dalam bahasa Thailandnya adalah champoo. Jambu ini merupakan buah anda­lan bagi bangsa Thailand. Warna jambu air ini merah cerah, uku­rannya cukup besar (menyerupai ukuran air mineral dalam gelas), buahnya tidak berbiji, akan terasa renyah saat dimakan, serta rasanya sangat manis dan menyegarkan. Jambu champoo sangat musim di Thailand pada bulan Juni sampai September. Harganya berkisar an­tara 40-100 Baht perkilo, semen­tara di supermarket biasa dijual dalam pack berisi 3 sampai 4 buah.

  1. Mangga

Mangga dalam bahasa thai­land adalah mamuang. Mangga Thailand tidak jauh berbeda dari Indonesia tetapi yang dijual rata-rata sangat manis rasanya. Satu hal yang unik, mangga di thailand biasanya dimakan bersamaan dengan ketan yang dimaniskan. Mangga tersebut dipotong men­jadi beberapa bagian memanjang lalu disajikan satu piring dengan ketan (namanya dalam bahasa thailand adalah khao niao ma muang). Rasanya ‘Thailand ban­get’ karena tidak pernah ditemui di Indonesia. Musim mangga bi­asanya bulan Januari hingga Mei. Harganya per kilo antara 30 sam­pai 60 Baht.

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Buah-buahan Thailand me­mang menjadi primadona di neger­inya sendiri, bahkan orang Indone­sia selalu mencari durian Bangkok, Jambu Bangkok, pokoknya kalau mau buah yang enak pasti harus ada label Bangkoknya. Lalu kapan ya buah-buahan lokal Indonesia bisa menjadi primadona di neger­inya sendiri?

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================