3kg-lpg-cylinder-copyCIBINONG, TODAY– Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor me­mastikan stok gal elpiji tiga kilogram ama untuk mengha­dapi Hari Raya Idul Fitri 2016. Hal itu mengacu pada tidak adanyan pengurangan kuota gas bersubsidi itu.

Stok gas di Bumi Tegar Beri­man sendiri mencapai 145.724 tabung dan dinyatakan aman untuk memnuhi kebutuhan masyarakat selama ramadan hingga lebaran. ESDM pun memastikan tidak akan ada kelangkaan di tingkat distrib­utor, agen hingga pangkalan.

“Angka itu aman lebaran tahun ini. Karena tidak ada pengurangan stok, kami men­jamin tidak ada kelangkaan di distributor hingga pangkalan. Mudah-mudahan semua ber­jalan normal tanpa kelang­kaan,” kata Kabid Migas Dinas ESDM, Budi Pranowo.

BACA JUGA :  Halalbihalal Perumda Tirta Pakuan, Wali Kota Bogor Apresiasi Kinerja Pelayanan

Budi memastikan, pem­belian secara borong, yang bisa meicu kelangkaan gas, tak akan terjadi, lantaran pihaknya bersama tim akan terus melakukan pemantuan dan razia menjelang dan sela­ma bulan puasa dan lebaran.

“Kami beserta Hismawa Migas dan Pertamina akan gelar piket untuk mengawasi SPBE hingga keagen. Mulai H-15 puasa dan H-15 lebaran,” tegas Budi.

Rapat Koordinasi Pengen­dalian Gas LPJ 3 kilogram ber­sama Dinas ESDM Kabupaten Bogor pekan lalu, Dirjen Migas, Puji Isniawanti men­erangkan, Kabupaten Bogor menjadi kabupaten terbesar se-Indoneisa dengan kuota penyaluran gas subsidi.

BACA JUGA :  RPJPD Kota Bogor 2025 - 2045, Kota Sains Kreatif, Maju dan Berkelanjutan

Ketimbang Bandung, den­gan jumlah yang tak selisih banyak, Bandung hanya 91.267 tabung sedangkan Ka­bupaten Bogor hingga 145.724 tabung. “Itu artinya kebu­tuhan masyarakat miskin di Kabupate Bogor leb­ih banyak ke t i m b a n g daerah lain,” tukasnya.

M e n u ­r u t n y a , kelangkaan gas terjadi akibat ok­num masyakat yang membeli gas tersebut dengan cara borongan. Karenanya, dirjen akan melakukan pengawasan yang lebih ketat. “Walau stok tersedia relatif banyak, kalau oknum ma­syarakat membeli borongan, memungkinkan kurang,” tukasnya.

(Rishad Novian­syah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================