Jokowi juga menekankan bahwa Indonesia tidak menginginkan Asia menjadi kawasan yang penuh konflik dan menjadi ajang pamer kekuatan negara-negara besar. “Indonesia juga ingin menekankan bahwa semua neg­ara, saya ulangi, semua negara tanpa terkecuali, harus menghormati hukum internasional”, tegas Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa du­nia saat ini sudah tidak berjalan se­cara bipolar dan mulai bermunculan negara-negara memiliki potensi dan kontribusi di dunia, salah satunya Indonesia. Oleh karena itu Indone­sia, kata Jokowi, siap menjadi motor perdamaian dunia. “Indonesia siap menjadi motor terciptanya Asia dan dunia yang damai dan sejahtera”, ucap Jokowi.

Dalam kunjungannya ke KTT G7, Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Ketua Dewan Komision­er OJK Muliaman Hadad dan Dubes Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra.

Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral, salah satunya dengan Presiden Perancis François Hollande. Jokowi dijadwalkan kem­bali ke Jakarta pada Jumat tengah malam.

(Yuska Apitya/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================