Woman-quitting-smoking Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, orang yang berhenti merokok secara total, 25 persen lebih mungkin untuk terbebas dari rokok pada enam bulan kemudian, ketimbang dengan perokok yang secara bertahap menghentikan kebiasaan.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Para peneliti dari Uni­versity of Oxford meneliti 700 perokok yang ingin menghenti­kan kebiasaan merokok di Ing­gris dalam sebuah studi jangka panjang.

Setengah dari perokok di­minta untuk memilih satu hari untuk menghentikan kebiasaan tersebut secara total dan me­matuhinya. Setengah lainnya diminta untuk secara berta­hap mengurangi rokok selama dua minggu menjelang hari di mana mereka ingin berhenti total. Kedua kelompok juga diberi konseling menjelang hari di mana mereka berhenti merokok.

Baca Juga :  Peneliti IPB Desak BPOM Awasi Bahaya Makanan Jajanan pada Anak

Sebulan setelah berhenti merokok, 49 persen dari ke­lompok yang berhenti mero­kok secara total dalam satu hari berhasil untuk tidak merokok. Sedang kelompok yang berhen­ti merokok dengan cara berta­hap, hanya 39 persen yang ber­hasil berhenti.

Baca Juga :  Lakukan 6 Langkah Ini untuk Mencegah Kekerasan Verbal pada Anak

Enam bulan setelah hari pertama mereka berhenti merokok, 22 persen dari ke­lompok yang berhenti total berhasil untuk terhindari dari rokok, sedang kelompok satu­nya hanya berjumlah 15 persen.

Nicola Lindson-Hawley, penulis utama studi dan penel­iti postdoctoral di Oxford di Inggris mengatakan, kedua ha­sil tersebut mengesankan. Se­hingga bila Anda ingin berhenti merokok, berhentilah saat itu juga secara total, tak perlu se­cara bertahap, bila ingin hasil yang lebih efektif.