Untitled-25BOGOR, Today – Ber­henti merokok memang tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi bagi perokok berat yang sudah kecanduan. Bu­lan Ramadhan ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk men­jalankan niat berhenti merokok. Puasa dapat membantu Anda mengu­rangi kosumsi rokok per hari.

Marilah kita gunakan bulan Ramadhan tahun ini, sebagai momentum untuk berhenti merokok seterusnya, imbuh Guru Besar Ilmu Penyakit Paru dan Pernapasan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Tjandra Yoga Aditama.

BACA JUGA :  Rahasia Orang Jepang Miliki Kulit Mulus dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

Tak hanya makan dan minum, nyatanya banyak orang yang berhasil Pua­sa merokok mulai dari sahur hingga waktunya berbuka. Saat berbuka, tahanlah godaan untuk merokok. Lebih baik me­nyantap hidangan takjil. Teruskan kebiasaan ini hingga akhirnya berhenti merokok.

Perokok yang berpua­sa sudah berhenti mero­kok mulai sahur sampai berbuka. Lanjutkan un­tuk tidak merokok sam­pai sahur berikutnya, sehingga perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok,» jelas Tjandra.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

Perlu niat yang kuat untuk berhenti merokok. Untuk mengalihkan ke­inginan rokok, ikutilah kegiatan yang menyehat­kan seperti berolahraga. Berhenti merokok tentu­nya akan memberi man­faat bagi kesehatan.

Bahaya rokok bagi kesehatan sudah jelas. Asap rokok mengand­ung 4.000 jenis senyawa kimia dengan 400 jenis di antaranya merupakan zat beracun dan 43 di antaranya dapat menye­babkan kanker. (Latifa/NET)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================