dsc_6636Sudah men­jadi tradisi, Istana Bogor dibuka untuk umum selama lima hari setiap perayaan Hari Jadi Bogor(HJB). Dulu, namanya Istana Open, lalu menjadi “Istana untuk Rakyat.”

TAK banyak yang tahu, bagaimana ceritanya Istana Bo­gor bisa dibuka selama lima hari pada setiap peringatan Hari Jadi Bogor. Dulu, Istana Bogor meru­pakan tempat yang sangat sulit dikunjungi rakyat biasa. Namun sejak tahun 2000, tempat yang

dianggap mustahil bisa diinjak rakyat je­lata ini, dibuka juga untuk umum.

Adalah Gatut Susanta dan Alfian Mu­jani yang pada waktu itu menggagas di­gelarnya Festival Bogor sebagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Bogor. Se­bagai penanggungjawab Festival Bogor, Gatut berkirim surat ke Setneg. Yang isinya meminta agar panitia Festival Bo­gor diizinkan mengundang masyarakat Bogor untuk masuk Istana Bogor.

BACA JUGA :  Menu Sederhana dengan Ayam Masak Tauco yang Bikin Menggugah Selera

Surat tersebut ternyata disambut positif oleh pihak Sekneg sejalan dengan semangat Presiden KH Abdurrahman Wahid yang tengah gencar melakukan desakralisasi Istana Negara. Sejak itulah, masyarakat luas bisa menikmati keinda­han Istana Bogor seisinya setahun sekali pada saat merayakan HJB.

“Istana Open atau Istana untuk Rakyat dijadwalkan lima hari yakni dari tanggal 24-26 dan 30-31 Mei 2016,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Perisi­wata Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota BogorShahlan Rasyidi di Balai Kota Bogor, kemarin.

Shahlan menyebutkan, pendaftaran Istana Open telah dibuka dengan menye­diakan dua lokasi pendaftaran yakni di kantor Disbudparekraf Jalan Pandu Raya Nomor 45, Bangbarung, Kecamatan Bo­gor Utara dan di Kemuning Gading belakang Gedung DPRD Kota Bogor, Jl Kapten Muslihat. “Silakan yang mau ikut bisa mendaftar di dua lokasi ini, gratis tidak dipungut biaya,” katanya.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Menurut Shahlan seperti tahun lalu, kunjungan ke Istana Bogor tidak seperti tahun 2014 lalu, masyarakat hanya bisa melihat sisi luar dan belakang Istana Bo­gor. Karena ada aktivitas Presiden, jadi warga tidak lagi diperbolehkan masuk melihat isi istana. “Tapi tahun ini ada sedikit kelonggaran, di bagian belakang akan dibuka pintu istana jadi masyara­kat bisa melihat ke dalam istana,” kat­anya.

============================================================
============================================================
============================================================