Untitled-6SETIAP wanita lumrah mengalami suatu hal yang dinamakan menstruasi yang mana terjadi rutin perbulannya Memang bagi beberapa wanita ada yang rutin mendapatkan masa menstruasinya setiap bulan, tetapi ada juga ber­beda-beda setiap bulannya dengan siklus menstruasin­ya tidak teratur.

Saat menstruasi pasti akan mengalami kondisi yang tidak nyaman seperti nyeri berlebihan atau hal lainnya. Hal ini kerapkali dialami oleh para wanita, terlebih jika mengalami sik­lus menstruasi yang tidak teratur. Penyebab men­struasi yang tak lancar juga bisa diakibatkan oleh ber­bagai hal, seperti kurang berolahraga, mengonsum­si minuman beralkohol, sering merokok, dan juga stress yang dialami. Oleh karena itu, untuk meng­hindari adanya kondisi tersebut saat menstruasi.

  1. Berolahraga secara teratur

Saat terjadi menstruasi, umumnya wanita akan malas berolahraga. Hal ini perlu anda ketahui bahwa justru dengan berolahraga secara teratur kita masih bisa melakukan berbagai aktivitas di luar dengan kondisi tubuh yang sehat. Dengan berolahraga secara teratur setiap hari juga ber­manfaat untuk melemas­kan seluruh bagian otot dan persendian yang dapat mengurangi penimbunan cairan pada tubuh.

  1. Konsumsi multivita­min setiap hari
Baca Juga :  Ingin Menambah Berat Badan Secara Sehat? Ini dia Makanan yang Perlu Diketahui

Perbanyaklah mengkon­sumsi multivitamin untuk menjaga stamina anda ketika datang bulan atau menstruasi. Multivitamin seperti vitamin E, vitamin B, mineral zinc dan magne­sium sangatlah penting un­tuk dapat meregangkan ba­gian otot di dinding rahim dan mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

  1. Rajin menjaga keber­sihan

Saat menstruasi, kita juga diharuskan untuk menjaga kebersihan teru­tama untuk di daerah ke­wanitaan. Biasakanlah mengganti pembalut 2 jam sekali, membilas dengan air bersih, dan gunakan cel­ana dalam yang baik yang terbuat dari bahan katun berkualitas.

  1. Banyak mengonsumsi makanan sehat

Ketika datang bulan atau menstruasi ada bai­knya perbanyaklah men­gonsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau sep­erti brokoli yang terbukti efektif untuk melancarkan siklus menstruasi. Ikan salmon yang kaya akan vi­tamin D dan kalsium bisa memperkuat tulang dan menstabilkan hormone di dalam tubuh. Susu ka­cang yang merupakan sari dari kacang kedelai selain terasa lezat, juga memiliki banyak manfaat untuk mel­ancarkan menstruasi. Telur rebus juga bisa menang­gulangi rasa nyeri pada menstruasi karena banyak mengandung vitamin, kal­sium, dan protein. Makan­an yang mengandung kal­sium seperti tempe, tahu, ikan sarden, dan haver­muts. Dengan mengonsumi makanan tersebut, terbukti ampuh dalam mengurangi rasa sakit dan kekejangan otot yang bisa saja timbul pada saat menstruasi.

  1. Berbaring di tempat datar
Baca Juga :  Makanan Alternatif Protein Pengganti Telur, Lebih Bergizi

Beristirahatlah yang cu­kup dengan berbaring di tempat yang datar. Hal ini dimaksudkan untuk mel­onggarkan celana yang se­dang digunakan agar tidak terlalu menekan perut.

Selain hal-hal diatas anda juga dapat melakukan den­gan meminum obat peng­hilang rasa nyeri pada pe­rut, tentu saja setelah anda berkonsultasi pada dokter ahli. Sebelum melakukan berbagai aktivitas sebaiknya kita menarik nafas panjang terlebih dulu, lalu tahan selama beberapa saat, dan lakukan minimal dua kali.

Selain itu, sebelum ti­dur kita bisa menggunakan minyak gosok dan pijatkan secara perlahan-lahan un­tuk membuat rahim dan otot perut menjadi rileks. Semoga bermanfaat

Bagi Halaman