Untitled-3BERLIN– Marco Reus kembali harus menerima kenyataan tak dilibatkan memperkuat Tim Nasional Jerman dalam turnamen akbar. Pada Piala Dunia 2014 lalu, ia harus absen aki­bat cedera dan kini, gelandang se­rang Borussia Dortmund itu juga tak terdaftar dalam 23 pemain yang akan dibawa pelatih Joachim Loew ke Euro 2016 Prancis.

Jerman memang baru saja men­gumumkan daftar 23 pemain yang akan berlaga di Euro. Pelatih Joachim Loew menyebut bahwa keputusan menepikan nama Reus karena sang pemain masih dalam kondisi cedera. Loew tidak ingin memaksakan sang pemain ambil bagian demi menjaga karirnya.

Sebelumnya, cedera juga me­maksa Reus absen pada Piala Dunia 2014 yang lalu. “Saat ini Reus hanya bisa berjalan. Ini adalah keputusan yang pahit baginya dan juga bagi kami. Dia akan menjadi aset kami,” ujar Loew dalam sesi jumpa pers.

Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

Loew pun menyimpan harapan besar untuk mengantarkan Jerman menjuarai Euro tahun ini. Trofi Piala Dunia 2014 Brasil dijadikan motivasi sekaligus tantangan. Jerman meraih sukses di Piala Dunia 2014 dengan ke­luar sebagai juara. Tim berjuluk Die Manschafft itu mengalahkan Belanda 1-0 di babak final.

Hal pertama yang dibuat Loew adalah mengembalikan mental pe­main kepada kondisi normal setelah euforia menjadi juara dunia. Selain itu, Loew tertantang untuk mewu­judkan abisi juara Jerman setelah hanya bisa menjadi finalis Piala Eropa 2008. Mer­eka men­jadi runner-up setelah dikalahkan Spanyol 1-0 di babak final.

Baca Juga :  750 Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan Laga Timnas Indonesia Lawan Curacao

“Itu menjadi motivasi dan tan­tangan spesial. Kami butuh waktu setelah Piala Dunia, dua atau tiga bulan, sampai semua pemain sadar di mana posisi kami. Menetapkan tujuan secara langsung tidaklah mu­dah,” kata Loew seperi dikutip situs resmi UEFA.

“Tapi kami sekarang sudah bisa berfokus untuk meningkatkan ke­mampuan masing-masing mengha­dapi kompetisi itu. Pada Piala Eropa 2012 kami tersingkir di semifinal. Empat tahun sebelumnya, 2008, kami kalah di final. Kemenangan akan menyenangkan semua orang,” tutur dia. (Rishad/Net)

Bagi Halaman