handmade-(3)BOGOR, TODAY – Berawal kemahiran sang suami yang gemar membuat kerajinan semenjak tahun 2010, akhirnya sepasang suami istri ini memutus­kan untuk fokus dalam memproduksi kerajinan yang bahan dasar kain ini di tahun 2012. Respon pasar yang baik membuat Himmah Handmade Craft terus berkibar hingga saat ini.

Himmah Handmade Craft, merupakan usaha milik Yeni Mulyani beserta sang suami yang men­jual beberapa tas dan dompet kain yang berhias dengan tempelan kain perca yang berwarna. Tidak hanya tas dan dompet, Himmah Handmade Craft juga membuat berbagai kreasi lainnya seperti ban­tal, penutup galon air minum, hingga taplak meja.

Bahan baku yang digunakan dalam proses produksi, keseluruhannya menggunakan bahan baku yang baru. Motif dan warna yang ditampil­kan juga sangat cantik dan menarik. Untuk harga, Himmah Handmade membandrol hasil kerajinan­nya berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu.

BACA JUGA :  Apa itu KIM?

“Bahan baku yang kami produksi semua baru, kami gunting satu persatu mengikuti pola seperti perca yang kami desain sendiri. Pemilihan warna memang colourful jadi cerah, masuk untuk semua umur,” jelas Yeni. Menjalankan sebuah usaha ten­tunya tak selalu berjalan mulus. Yeni mengaku, karena masih memproduksi barang secara man­ual, terkadang membuat Yeni keteteran dalam memenuhi permintaan pesanan.

“Kami melakukan produksi dari mulai me­nyulam dan membuat pola masih manual. Bersyu­kur kami dibantu oleh para ibu rumah tangga kre­atif sehingga membuat produksi ini dapat berjalan lancar,” paparnya.

Dalam sehari, Himmah Handmade Craft dapat memproduksi hingga 100 kerajinan kain. Pola dan desain pun dapat disesuaikan jika ada yang melakukan pesanan. “Kami juga menerima peme­sanan jika ada yang memiliki desain seperti pem­buatan nama,” tuturnya.

BACA JUGA :  Apa itu KIM?

Modal awal yang dikeluarkan untuk memproduk­si Himmah Handmade Craft diakui Yeni tidak sampai mencapai angka jutaan. Setelah berjalan hampir 4 tahun, omzet bersih yang dihasilkan dalam per­bulannya bisa mencapai Rp 20 juta. Himmah Handmade Craft berproduksi di Jalan Cikiray RT 05/02, Sukaraja, Bogor. Untuk showroom, aneka kreasi Him­mah Handmade Craft dapat dikunjungi di gallery Dekranas­da Bogor Botani Square. Yeni berharap, usahanya ini dapat tumbuh lebih besar sehingga bisa menambah sumber daya ma­nusia (SDM) dan bisa memproduksi kerajinan lebih banyak lagi.

“Semoga kedepannya distributor Himmah Handmade semakin banyak, sehingga akan menin­gkatkan hasil kualitas produksi kami,” paparnya.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================

2 KOMENTAR