111-(5) PERUSAHAAN Umum (Perum) Jamkrindo membukukan volume pen­jaminan Rp 48,22 triliun per 1 Juni 2016. Realisasi ini mencapai 40- 45 persen dari target volume penjaminan yang sebesar Rp 115 triliun hingga akhir tahun nanti.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Sebesar Rp 20,40 triliun dari realisasi itu berasal dari program penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sisanya Rp 27,81 triliun meru­pakan program penjaminan non KUR dan berasal dari program penjaminan komersial korporat.

Baca Juga :  Resep Perkedel Tahu Yummy

“Volume penjaminan kredit kami tumbuh berlipat-lipat di­topang oleh penyaluran KUR yang naik nyaris lima kali lipat ketimbang tahun lalu. Proyeksi kami, penjaminan KUR akan mencapai Rp 50 triliun dan non KUR Rp 65 triliun sampai akhir tahun nanti,” ujar Diding S. An­war, Direktur Utama Jamkrindo, Rabu (1/6/2016).

Dari realisasi volume pen­jaminan itu, Jamkrindo sendiri telah mengantongi imbal jasa penjaminan alias IJP sebesar Rp 650,58 miliar. Adapun, perusa­haan penjaminan pelat merah tersebut menargetkan mengan­tongi IJP sebesar Rp 2 triliun sampai akhir tahun nanti, den­gan perolehan laba sebesar Rp1 triliun.

Baca Juga :  Kebakaran Menghanguskan 2 Kedai di Padang

“Kalau bisnis penjaminan sistem resi gudang bisa berjalan tahun ini juga, kami malah opti­mistis, volume penjaminan bisa mencapai hingga Rp 120 triliun dengan IJP lebih dari Rp 2 trili­un,” terang dia.