Apa itu BLAST? Bored, yakni bosan dengan rutinitas sekolah yang membuatnya kesulitan meng­hadapi pelajaran. Lonely, kesepian karena anak tidak dekat dengan orang tuanya baik secara kuantita maupun kualitas. Angry, marah karena situasi yang berakar dari ketidakpuasan. Afraid, takut ber­cerita kepada orang tuanya, takut atas tekanan teman sebaya. Stress, yaitu tertekan karena situasi. yang terakhir Tired, lelah akibat akumu­lasi dari semua permasalahan.

Penyakit Blast ini jika dibiar­kan akan membuat anak akan beralih kesibukan seperti gadjet, tv, games, komik maupun novel yang semuanya tertuju pada per­cintaan yang dikarenakan anak memang butuh kasih sayang yang sayangnya tidak mereka rasakan. Jika tidak ada penga­wasan dari orang tua, jelas anak akan terjerumus terhadap por­nografi dan aksi-aksi negatif lagi kontradiktif.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Dari berbagai penjelasan di atas dan juga literatur yang ada, mengatasi penyakit anak Blast ini hanya dengan satu solusi. Yakni, berikan pola asuh yang baik, jadi­kan anak-anak kita menjadi anak yang Best (Behave Emphatic Smart and Tough). Behave ialah berperilaku baik. Disini perlu pembimbingan besar oleh kedua orangtuanya. Lalu Emphatic, bisa memposisikan diri pada kondisi orang lain, sehingga ada kepedu­lian satu sama lain. Selanjutnya Smart, cerdas, mongoptimalkan potensi yang dimiliki.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Disini perlu bantuan dari orang tuanya untuk turut serta memotivasi dan menghargai se­gala usahanya. Yang terakhir, Tough, anak yang tangguh dan teguh memegang prinsip. Sekali lagi, dalam hal ini, figur orang tua sangat dibutuhkan agar anak tidak salah pendirian. Ajarkan kebaikan-kebaikan, bukan keti­dakbaikan. Karena, apapun ala­sannya, Indonesia akan membu­tuhkan anak-anak saat ini untuk menjadikan negara yang maju. Kalau dari sekarang mereka dibiarkan, siapa lagi yang akan meneruskan bangsa ini?

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================