Profil-Timnas-Prancis-di-Euro-2016 EURO 2016 jadi yang ketiga bagi Prancis menjadi tuan rumah ajang sepakbola terakbar di benua biru. Seperti pada edisi 1984, Les Bleus dijagokan jadi kampiun di rumahnya sendiri. Pasalnya, dengan keuntungan lolos otomatif ke putaran final, membuat Paul Pogba dkk. lebih banyak menggelar laga ujicoba. Hasilnya pun cukup impresif, dari 10 kali bertanding, delapan diantaranya berakhir dengan kemenangan dan dua kali kalah.

RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Pada dua kesempatan per­tama Prancis jadi tuan rumah adalah pada tahun 1960 dan 1984. Jika di edisi perdana yang hanya diikuti empat tim, mereka kalah di pertandingan pertama, sementara di kali kedua,’Tim Ayam Jantan ber­jaya setelah mengalahkan Spa­nyol 2-0 di final.

BACA JUGA :  Minuman Segar, Es Doger Khas Betawi untuk Buka Puasa yang Nikmat

Edisi 2016 ini, mereka kembali dijagokan dengan kumpulan para pemain muda arahan Didier Deschamps. Ter­kait komposisi pemain, meski tanpa Karim Benzema, amunisi utama Prancis ada di lapangan tengahnya.

Deschamps memiliki bari­san gelandang yang dinamis dengan keberadaan Paul Pog­ba, Blaise Matuidi, Dmitri Payet dan N’Golo N’Kante.

BACA JUGA :  Tinjau Lokasi Bencana di Kota Bogor, Dedie Rachim Pastikan Logistik Terakomodir

Status tuan rumah dan ha­sil persiapan yang positif mem­buat skuad Prancis berada di posisi teratas daftar unggulan juara Piala Eropa 2016. Demiki­an terpantau dari rumah taruhan Eropa pada Jumat (3/6/2016).

Berada di posisi dua daf­tar unggulan juara adalah Jer­man. Tak diperkuat Philipp Lahm, juara Piala Dunia 2014 ini sempat menelan kekalahan dari Republik Irlandia di ba­bak kualifikasi dan tunduk saat berhadapan dengan Slovakia di laga ujicoba belum lama ini.

============================================================
============================================================
============================================================