_gp_8267-2.gallery_full_top_fullscreenVALENTINO Rossi mengasapi para rider Spanyol untuk keluar sebagai juara dalam seri ketujuh MotoGP 2016 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Minggu ( 5/6/2016) malam WIB. Start dari posisi lima, Rossi sempat tercecer hingga posisi tuj uh sebelum melibas, Maverick Vinales, Andrea Dovisiozo, Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo sang empunya posisi pole.

RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Saat start, posisi tiga ter­depan diisi Lorenzo, Marquez dan Pedrosa. Sementara posisi empat hingga enam, diisi Hec­tor Barbera, Rossi dan Vinales. Namun, saat lampu start di­padamkan, seperti biasa Rossi tercecer, karena dia memang jarang melakukan start dengan baik.

Tapi, tak butuh waktu lama untuknya merangsek ke posisi depan. The Doctor melibas dua rider sekaligus pada awal-awal balapan, yakni Andrea Dovisio­zo dan Vinales. Pria Italia pun kemudian melibas Dani Pedro­sa pada lap ketiga dan mengisi posisi tiga.

Pada lap kelima, VR 46 me­nyodok posisi kedua dengan mengasapi Marquez. Duel pun menyisakan rider 37 tahun dengan sang juara dunia, Jorge Lorenzo. Berselang satu lap usai meng-overtake Marquez, Rossi dengan mudah mengem­paskan Lorenzo yang terus melorot hingga posisi empat.

Sejak lap sembilan hingga 13 pembalap Tim Suzuki Ec­star, Maverick Vinales dan Lo­renzo saling membalap untuk memperebutkan posisi empat. Namun, Vinales yang tampil ngotot sanggup merebut po­sisi empat. Sementara tangga ketiga diisi The Little Spaniard, Pedrosa.

Lorenzo ketiban sial dalam race ini. Pada lap 16, ia diser­uduk rider Ducati, Andrea Ian­none di tikungan 10, setelah X-Fuera memotong racing line Iannone. Akibatnya, kedua pembalap pun terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Se­belum terjadi insiden tersebut, Lorenzo dan Iannone tengah menduduki posisi lima serta enam.