Untitled-13SELURUH umat muslim bersuka cita menyambut bulan suci Ramadan 1437 H, terutama bagi para penjual makanan berbuka. Tak dipungkiri, momen buka puasa menjadi salah satu momen yang dinantikan.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Ratusan warga terlihat memenuhi tempat jua­lan aneka jenis makanan yang berada di trotoar jalan depan Masjid Ar-Rahman, tepatnya di Jalan Achmad Soba­na, Bantarjati, Kota Bogor.

Selama bulan Ramadan, para pedagang ini dapat meraup un­tung besar. Pasalnya, tempat ini memang ramai dipenuhi para pembeli. “Alhamdulillah, selama berjualan di sini memang selalu ramai pembelinya. Menjadi ke­berkahan bagi kami yang berjua­lan,” Ungkap Indah, salah satu penjual hidangan berbuka saat dijumpai BOGOR TODAY, Senin (6/6/2016).

Terhitung sudah tiga tahun, In­dah memanfaatkan momen Ra­madan untuk meraup keuntun­gan di bulan yang penuh berkah tersebut. “Jika bukan bulan puasa saya tidak berjualan. Saya berjualan hanya saat momen bu­lan puasa saja, hitung-hitung me­nambah pemasukan untuk me­nyambut lebaran,” pungkasnya.

Usaha ini diakui Indah cukup menguntungkan. Ditanya perihal modal, Indah menuturkan pada hari pertama puasa ini, dirinya hanya mengeluarkan modal ratu­san ribu. “Jika modal, mungkin untuk membuat makanan, sewa tempat dan tenda seluruhnya bisa mencapai lebih dari Rp 500 ri­buan, tapi tidak sampai menyen­tuh angka jutaan,” paparnya.

Indah menjual aneka jajanan berbuka, seperti kolak pisang, bu­bur sumsum, aneka gorengan, mie glosor, hingga rujak asinan. Kisa­ran harga yang ditawarkan pun terbilang murah, mulai dari Rp 2 ribu untuk satu aneka gorengan.

============================================================
============================================================
============================================================