Pemerintah lewat Kementerian Pe­kerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jalan tol, salah satunya dengan mengintegra­sikan sistem pembayaran antar jalan tol yang berbeda pengelola.

Herry menerangkan, integrasi pem­bayaran di dua tol beda pengelola ini mulai diterapkan. “Seperti yang sudah disampaikan Pak Menteri sebelumnya, nanti pembayaran di barier ditiadakan. Pembayaran jalan tol hanya dilakukan sekali saat keluar tol. Jadi masuk di pintu Cikarang Utama, ambil kartu. Bayar saat keluar,” kata dia di Kantor Kemenko Per­ekonomian, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Hal ini mempersingkat proses pem­bayaran lantaran sebelumnya, penggu­na tol dari Jakarta menuju Brebes Timur harus melakukan pembayaran bebera­pa kali pada barrier gate alias gerbang tol pembatas antar jalan tol yang ber­beda pengelola seperti di Gerbang Tol Plumbon 3, Plumbon 4, Ciperna Utama dan Mertapada. “Secara menyeluruh harus sudah terlaksana tanggal 13 Juni 2016 agar dapat membantu kelancaran arus mudik lebaran 2016,” tegas dia.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, 27 April 2024

BPJT sendiri, lanjut Herry, mem­fasilitasi koordinasi tersebut terutama integrasi antar bank pengelola sistem pembayaran di masing-masing ruas. “Jadi akan diintegrasikan sistem e-payment Bank Mandiri-Jasa Marga yang berlaku di ruas Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi den­gan sistem e-payment Bank BCA-LMS yang berlaku di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan,” papar dia.

Herry mengatakan, integrasi akan dilakukan secara resiprokal atau sal­ing menguntungkan antar kedua bank. “Selain itu akan diupayakan juga mem­buka akses bagi bank-bank yang memi­liki izin penyelenggaraan pembayaran non-tunai untuk bergabung dalam sistem e-payment Bank Mandiri-Jasa Marga,” beber dia.

BACA JUGA :  Minum Air Jahe Setiap Hari, Apa Sih Manfaatnya? Simak Ini

Selain masuk tol Jakarta-Paliman­an, integrasi pembayaran juga akan dilakukan pada ruas Jalan Tol Paliman­an-Kanci, Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang yang saat ini baru tersam­bung sampai Brebes Timur.

Sehingga, pemudik dari Jakarta yang meneruskan perjalanan hingga Brebes Timur, cukup melakukan tran­saksi pengambilan kartu di Gerbang Tol Cikarang Utama, melakukan pem­bayaran di Gerbang Tol Palimanan seka­ligus mengambil kartu dan melakukan pembayaran lagi di Gerbang Tol Brebes Timur. “Semua tanggal 13 Juni,” pung­kasnya. (Yuska Apitya Aji)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================