Untitled-7WARGA masyarakat pengguna listrik 900 VA ke atas jangan berharap mendapat subsidi lagi. Negara tidak akan pernah lagi mengucurkan bantuan. Era subsidi listrik sudah game over alias tamat.

YUSKA APITIYA AJI
[email protected]

Kepastian bakal tamatnya sub­sidi listrik negara diperoleh setelah PT PLN (Persero) meny­erahkan hasil verifikasi data pelang­gan listrik rumah tangga 900 VA pada Kementerian ESDM. Hasilnya, hanya 3,94 juta dari 22,7 juta pelanggan listrik golongan 900 VA yang layak disubsidi. Sisanya, 18,7 juta pelanggan lis­trik 900 VA yang tidak tepat sasaran tak akan lagi menerima subsidi.

BACA JUGA :  Resep Membuat Mango Sago di Rumah Dijamin Anti Gagal

“Perubahan dan penyesuaiannya kami targetkan 1 Juli, mudah-mudah­an,” kata Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2016).

PLN masih akan membahas ren­cana ini dengan pemerintah sebe­lum diterapkan tahun ini. PLN juga sudah memberikan layanan naik daya gratis untuk mulai mengurangi para pelanggan salah sasaran ini.

Kementerian ESDM sendiri sudah menyiapkan 5 opsi baru terhadap subsidi listrik tahun ini. Sebab subsidi listrik sebesar Rp 38,39 triliun yang dianggarkan dalam APBN 2016 dipas­tikan tak cukup. Pasalnya, subsidi itu dibuat dengan asumsi subsidi untuk 18 juta pelanggan 900 VA dicabut di awal tahun.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Maka subsidi listrik dalam APBN-P 2016 perlu penyesuaian. Ada 5 opsi besaran tambahan subsidi yang disiap­kan oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Opsi ini disusun berdasarkan waktu dimulainya pencabutan subsidi secara bertahap sebanyak 4 kali.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melaporkan kepada Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) di Kantor Wapres, Jakarta, pada Kamis (9/6/2016).

============================================================
============================================================
============================================================