9bc532a2-a542-415d-9136-1dff47d2b147_169WASHINGTON TODAY– Pendiri Microsoft Bill Gates menyumbangkan 100 ribu anak ayam untuk mengakhiri kemiskinan di be­berapa negara, hal ini diumumkannya di depan kandang ayam yang diletakkan di dalam gedung pencakar langit di New York.

Anak-anak ayam ini akan dikirimkan ke perdesaan di puluhan negara berkembang dari Burkina Faso sampai Bolivia, tempat badan amal Heifer International mengelola perternakan dan distribusi, menurut per­nyataan Bill & Melinda Gates Foundation, kemarin.

Membudidayakan dan menjual ayam akan mengurangi kemiskinan, dan petani yang memelihara 250 ayam dapat meng­hasilakn US$1.250 atau Rp16 juta dalam se­tahun, ujar pernyataan yayasan yang didiri­kan oleh Bill Gates dan istrinya, Melinda, itu. “Tidak ada investasi yang menguntung­kan seperti mengembangbiakkan ayam,” kata Gates.

Dia meminta masyarakat untuk me­nyumbang melalui Heifer International. “Jumlah yang diberikan warga Amerika hari ini kepada Heifer atau badan amal lainnya sebenarnya cukup kecil, jadi kami ingin me­lihat adanya peningkatan,” kata Gates.