9bc532a2-a542-415d-9136-1dff47d2b147_169WASHINGTON TODAY– Pendiri Microsoft Bill Gates menyumbangkan 100 ribu anak ayam untuk mengakhiri kemiskinan di be­berapa negara, hal ini diumumkannya di depan kandang ayam yang diletakkan di dalam gedung pencakar langit di New York.

Anak-anak ayam ini akan dikirimkan ke perdesaan di puluhan negara berkembang dari Burkina Faso sampai Bolivia, tempat badan amal Heifer International mengelola perternakan dan distribusi, menurut per­nyataan Bill & Melinda Gates Foundation, kemarin.

Membudidayakan dan menjual ayam akan mengurangi kemiskinan, dan petani yang memelihara 250 ayam dapat meng­hasilakn US$1.250 atau Rp16 juta dalam se­tahun, ujar pernyataan yayasan yang didiri­kan oleh Bill Gates dan istrinya, Melinda, itu. “Tidak ada investasi yang menguntung­kan seperti mengembangbiakkan ayam,” kata Gates.

Dia meminta masyarakat untuk me­nyumbang melalui Heifer International. “Jumlah yang diberikan warga Amerika hari ini kepada Heifer atau badan amal lainnya sebenarnya cukup kecil, jadi kami ingin me­lihat adanya peningkatan,” kata Gates.

Mengacu pada pepatah yang men­gatakan mengajarkan seorang memancing akan memberinya makan seumur hidup, Gates mengatakan, “Jika saja bisa diwujud­kan dalam hal memberi seorang ayam dan menunjukkan kepada mereka bagaimana memelihara ayam,” katanya.

Gates mengatakan dia menargetkan meningkatkan kepemilikan ayam di rumah-rumah banyak negara, seperti Afrika Barat, yang sekarang hanya ada lima persen peme­lihara ayam menjadi 30 persen.

Gates memberi pengumuman di dalam gedung baru World Trade Center di lantai 68. Tempat itu tidak biasanya di masukkan kandang ayam, katanya. “Kami memasuk­kan mereka ke dalam,” kata Gates sambil menyindir.

Menurut PBB sekitar 800 juta orang mengalami kemiskinan ekstrem, mereka tinggal di negara-negara yang dilanda kon­flik mengalami kemiskinan yang paling parah. (Yuska Apitya/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================