Untitled-3BETAPA nikmat dan senangnya setiap orang beriman yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, karena dengan pua­sanya akan menghan­tarkan dirinya kepada derajat taqwa. Sedangkan taqwa adalah uku­ran kemuliaan manu­sia di sisi Allah swt.

Harta, jabatan, popularitas dan ber­limpahnya harta yang dimiliki seseorang bu­kanlah ukuran menjadi manusia mulia, hanya dengan taqwalah manusia akan mulia. Firman Allah: ‘Sesungguhnya orang yang paling mu­lia di antara kamu adalah yang paling taqwa.’ (QS. Al-Hujurat: 13)

Allah swt sangat menyayangi orang-orang yang bertaqwa dan menyediakan bagi mereka pahala berupa surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Se­bagaimana firman Allah: ‘Dan ber­segeralah kamu kepada ampunan dari Tuhan-mu dan kepada surga yang luas­nya seluas langit dan bumi, yang dise­diakan untuk orang-orang yang taqwa.’ (QS. Ali Imran: 133)

Baca Juga :  Sejarah Singkat Terbentuknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Selanjutnya, bagaimanakah kara­kter orang yang bertaqwa tersebut? Allah menjelaskan dalam Al-Quran sebagaimana firman-Nya: ‘(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (har­tanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang mena­han amarahnya, dan memaafkan (ke­salahan) orang. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau men­ganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbua­tan kejinya itu, sedang mereka menge­tahui.’ (QS. Ali Imran: 134-136)