B8---11062016-ArtNia S. Amira
[email protected]

Pernahkah mengalami perasaan yang berbeda saat suara azan berku­mandang benar-benar menyentuh hatimu? Panggilan azan untuk melaksanakan Shalat berkumandang di hatimu, dan bulu kuduk berdiri. Demikian indahnya kumandang suara azan hingga membuatmu mene­teskan airmata dan membuatmu takut kepada Allah SWT. Keban­yakan dari kita, orang-orang yang tinggal di negara dengan penduduk muslim terbanyak, suara azan menjadi sesuatu yang biasa saja karena tiap hari mendengarnya.

Betapa menakjubkan saat kita mengetahui bahwa sebagai ma­nusia bukan satu-satunya mahluk yang dapat mendengarkan azan! Tidak seperti banyak umat Mus­lim yang tidak menanggapi azan dengan langsung melakukan Shalat, flora dan fauna bahkan bersujud kepada Sang pencipta mereka, dengan cara mereka yang khusus. Ketika Anda meli­hat video dari “bunga Azan”, hal itu akan mengingatkan Anda ten­tang ayat-ayat yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur’an: “. Seluruh alam semesta, bahkan pohon-pohon dan binatang memuliakan Allah SWT, hanya manusia me­nyadari” Subhanaallah ! “ Apakah kita benar-benar perlu melihat mukjizat? Mungkin sajan, untuk mensucikan dan memperkuat keimanan kita. Mungkin kita lakukan, tapi Islam berdasarkan keimanan (percaya pada hal yang gaib) dan saya benar-benar ingin hanya melakukan sesuatu yang baik yang akan membuat Allah senang dengan kita.

Jika kita melihat mukjizat Al­lah, ini adalah hal-hal yang harus kita percaya padaNya dan beriba­dah kepadaNya. Pada akhirnya, semua kemuliaan yang ada pada Islam terletak pada iman.

Azan adalah sebuah penanda bagi kaum muslim menunaikan ibadah mereka. Azan adalah panggilan bagi umat muslim un­tuk segera melaksanakan sholat. Seperti yang kita tahu, dalam se­hari ada 5 kali panggilan azan.