WASHINGTON TODAY– Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mendukung capres Partai Demokrat, Hillary Clinton, untuk Pilpres. Du­kungan ini diungkapkan Obama dalam sebuah pesan video.

“Saya mendukung dia (Hillary),” ujar Obama seperti dikutip kantor berita AFP, Jumat (10/6/2016).

Dukungan Obama ini muncul setelah melihat perjuangan Hillary saat kampanye hingga akhirnya ber­hasil memenangi pemilihan awal di sejumlah negara bagian. Hillary ber­hasil mencetak sejarah perempuan pertama yang berhasil menjadi cap­res Partai Demokrat.

Hillary berhasil mengejutkan banyak pihak dengan mengalahkan pesaingnya, yakni Bernie Sanders. Obama pun memberikan apresiasi atas hal ini. “Puluhan juta orang Amerika telah membuat suara mer­eka didengar. Hari ini saya hanya in­gin menambahkan suara dari saya,” lanjutnya dalam tayangan video tersebut. “Saya tidak pernah terpikir­kan bakal ada seseorang yang begitu memenuhi syarat untuk menduduki jabatan ini. Saya telah melihat kebai­kan dalam hatinya. Saya juga pernah melihat ketangguhannya. Saya per­nah melihat komitmennya terhadap hal-hal bernilai,” sambung Obama.

Dukungan dari Obama tentu akan memberi angin segar bagi kam­panye Hillary nanti. Setelah delapan tahun berkantor di Gedung Putih, hingga kini Obama masih menjadi salah satu politikus paling populer di Negeri Paman Sam.

Rencananya, Obama akan hadir dalam kampanye Hillary pada 15 Juni mendatang di Green Bay, Wisconsin. Atas kemenangan Hillary, Obama sempat mengucapkan selamat se­cara langsung melalui sambungan telepon.

Tak lupa juga Obama memberi ucapan kepada Bernie. Bahkan Obama mengajak Senator Vermont itu untuk bertemu pada Kamis, 9 Juni lalu.

Setelah bertemu empat mata, tengah mencari cara untuk ‘me­nyatukan’ Sanders dan Hillary untuk melawan Donald Trump. Ia berharap Sanders bisa mengakui Hillary seb­agai capres dari partainya.

Pertemuan itu sendiri meru­pakan salah satu cara untuk ‘mendinginkan’ dan menghormati pendukung Sanders selama masa kampanye. Pertemuan keduanya berlangsung cair dan hangat, Obama juga terlihat akrab tertawa dan men­empatkan tangannya di punggung Sanders saat berjalan menuju kan­tor Oval. “Saya pikir Barnie Sanders membawa energi yang sangat besar dan ide-ide baru. Saya rasa itu yang menjadikan Hillary sebagai kandidat yang lebih baik lagi,” terangnya pada Rabu lalu.

Diberitakan sebelumnya, Hill­ary pada Selasa (7/6) malam, me­nyatakan diri sebagai capres Partai Demokrat, setelah memenangi pe­milihan awal di negara bagian New Jersey. Selain menang di New Jer­sey, Hillary juga diprediksi menang di New Mexico dan South Dakota. Sedangkan Sanders (74) diprediksi menang di North Dakota. Perolehan suara di dua negara bagian lainnya, yakni California dan Montana belum bisa diprediksi. “Terima kasih kepa­da Anda semua, kita telah mencetak sejarah. Kami semua berutang besar kepada Anda semua yang hadir,” ucap Hillary Clinton saat menyam­paikan pidato kemenangannya saat berkumpul bersama pendukungnya di New York.

Setelah keenam negara bagian itu, pemilihan awal Partai Demokrat untuk terakhir kalinya akan digelar di Washington DC pada Selasa (14/6) depan. Lalu Konvensi Partai De­mokrat akan digelar di Philadelphia pada 25-28 Juli mendatang.

(Yuska Apitya/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================