WASHINGTON TODAY– Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mendukung capres Partai Demokrat, Hillary Clinton, untuk Pilpres. Du­kungan ini diungkapkan Obama dalam sebuah pesan video.

“Saya mendukung dia (Hillary),” ujar Obama seperti dikutip kantor berita AFP, Jumat (10/6/2016).

Dukungan Obama ini muncul setelah melihat perjuangan Hillary saat kampanye hingga akhirnya ber­hasil memenangi pemilihan awal di sejumlah negara bagian. Hillary ber­hasil mencetak sejarah perempuan pertama yang berhasil menjadi cap­res Partai Demokrat.

Hillary berhasil mengejutkan banyak pihak dengan mengalahkan pesaingnya, yakni Bernie Sanders. Obama pun memberikan apresiasi atas hal ini. “Puluhan juta orang Amerika telah membuat suara mer­eka didengar. Hari ini saya hanya in­gin menambahkan suara dari saya,” lanjutnya dalam tayangan video tersebut. “Saya tidak pernah terpikir­kan bakal ada seseorang yang begitu memenuhi syarat untuk menduduki jabatan ini. Saya telah melihat kebai­kan dalam hatinya. Saya juga pernah melihat ketangguhannya. Saya per­nah melihat komitmennya terhadap hal-hal bernilai,” sambung Obama.

Dukungan dari Obama tentu akan memberi angin segar bagi kam­panye Hillary nanti. Setelah delapan tahun berkantor di Gedung Putih, hingga kini Obama masih menjadi salah satu politikus paling populer di Negeri Paman Sam.

Rencananya, Obama akan hadir dalam kampanye Hillary pada 15 Juni mendatang di Green Bay, Wisconsin. Atas kemenangan Hillary, Obama sempat mengucapkan selamat se­cara langsung melalui sambungan telepon.