Ujicoba integrasi sistem pem­bayaran pada ruas Tol Trans Jawa dim­ulai pada musim mudik Lebaran tahun 2016 ini. Dua jalan tol yang akan diin­tegrasikan pada musim mudik nanti, yakni untuk pembayaran Jakarta-Pali­manan dan Cipali-Brebes.

“Cipali akan diresmikan minggu de­pan. Nggak tahu 13 atau 15 (Juni) tergan­tung kesiapan Pak Presiden, termasuk integrasi pintu tol yang akan menghapus empat pintu tol,” kata Basuki.

Sistem integrasi pembayaran tol ini dilakukan untuk mengantisipasi antrean kendaraan yang kerap terjadi di ger­bang tol. Pemerintah akan menerapkan sistem integrasi pembayaran tol dengan sistem satu kali bayar dari Jakarta lang­sung Palimanan dengan banderol Rp 109.500. Para pengendara yang masuk dari Jakarta tidak perlu bertransaksi di Gerbang Tol Cikopo sehingga pem­bayaran bisa dilakukan di Tol Paliman­an. “Jadi nanti tinggal pintu tol Cikarang, Palimanan dan Brebes Timur, termasuk kita juga akan menambah gardu, dit­ambah dari 11 menjadi 23,” jelas Basuki.

BACA JUGA : 

Bukan tidak mungkin, kata Basuki, ke depannya sistem pembayaran tol ti­dak perlu lagi masuk ke dalam gerbang. Melainkan dengan sistem elektronik otomatis. Sistem pembayaran elektron­ik tersebut saat ini sedang disiapkan oleh pemerintah. “Sebetulnya harus­nya tidak perlu mengantre kalau pakai elektronik. Ini batch pertama perlu disiapkansoftware-nya,” tandasnya.

BACA JUGA :  PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

(Yuska Apitya)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================