Jika menggunakan jari tangan, risik­onya adalah penularan virus atau bakteri ke hidung. Sebab, tangan adalah salah satu sumber kuman penyakit jika tidak mencucinya pakai sabun. Anda berisiko terkena penyakit seperti flu.

“Kalau Anda bekerja di lingkungan yang banyak orang sedang flu, kemudian memegang tombol pintu bekas orang flu, bisa ikut kena flu. Itu (mengupil) kan ke­biasaan, tapi tidak dianjurkan,” jelas Rus­dian.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

Selain itu, mengupil terlalu keras juga berisiko membuat hidung berdarah bagi orang yang lapisan mukosa dalam hidung­nya tipis

Produksi kotoran di hidung pun sulit kita hindari. Menurut Rusdian, ada sejum­lah penyebab banyaknya produksi upil di hidung. Diantaranya, saat udara di ling­kungan terlalu kering. Hidung akhirnya tidak bisa menghasilkan produksi kelenjar cukup banyak sehingga ingus mengeras. Produksi upil yang berlebihan biasanya juga dialami seseorang yang baru saja menjalani operasi sinus.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

“Setelah operasi dianjurkan memberi kelembaban dengan mencuci hidung anda sehari 6 kali,” kata Rusdian. (Latifa Fi­tria/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================