“Puasa di Prancis jauh lebih berat daripada di Indonesia, ta­hun pertama saya tinggal disini semuanya terasa berbeda, saya harus terbiasa buka dan sahur sendirian, saya sering kele­watan waktu sahur karena ti­dak ada membangunkan,” ujar staf Konsulat Jendaral Repub­lik Indonesia (KJRI) tersebut.

Seiring berjalannya wak­tu, dua tahun kemudian pria ini mulai memiliki relasi dan ternyata terdapat beberapa te­mannya yang beragama mus­lim. “Mulai tahun lalu KJRI di Marseille selalu mengagen­dakan jadwal buka bersama setiap hari minggu, puluhan WNI yang tinggal di kota ini juga rutin menghadirinya.

BACA JUGA :  Pemuda di Bogor Nekat Lawan 3 Perampok Usai Mobilnya Dicuri

“Acara buka bersama di KJRI Marseille membuat saya merasa memiliki keluarga di sini, saya menganggap mereka saudara saya sendiri, biasanya kami meneruskan acara buka bareng sampai sholat taraweh, karena hanya saat acara tersebut saya bisa taraweh di masjid, lokasi rumah saya sangat jauh dari mas­jid, karena di sini jumlah mas­jid masih sedikit,” terangnya.

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Gugum mengaku rindu untuk menjalankan iba­dah puasa di Indonesia, bukan hanya kepada keluarganya me­lainkan tradisi-tradisi Islamik yang kental di Indonesia dan suasana pada saat ramadan.

BACA JUGA :  Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Erick Thohir Apresiasi Juang Pemain Timnas Indonesia

“Di Indonesia saat menjelang ramadan pasti banyak televisi yang menayangkan acara dan iklan produk yang bernuansa ra­madan, disini tidak ada acara dan iklan-iklan seperti di Indonesia, jadi kangen juga sama suasanan­ya, mal dan supermarket di sini juga sangat beda, di sana biasanya mall memasang dekorasi-dekora­si yang bernuansa ramadan, tapi itu engga bisa saya temukan disini, walaupun berpuasa di Per­ancis saya lebih mencintai untuk berpuasa di Indonesia,” pung­kasnya. (Ananda Nasution)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================