A4-17-062016-Gema-Ramadan“Puasa memiliki artian yang kurang tepat, kare­na kata-kata ini tidak ada dalam kitab suci Al- Qur’an. Saum lebih te­pat kerena kata-kata ini mengandung arti untuk mengajarkan kita bagaima­na menahan hawa naf­su den­g a n kesabaran yang penuh,” kata Kepala Bagian Humas Pemer­intah Kota Bogor, Encep Mo­hammad Alhamidi kepada BOGOR TODAY kemarin.

Apa makna puasa bagi Anda ?

Jawab : Puasa memiliki ar­tian yang kurang tepat, karena kata-kata ini tidak ada dalam kitab suci Al-Qur’an. Saum lebih tepat kerena kata-kata ini mengandung arti untuk mengajarkan kita bagaimana menahan hawa nafsu dengan kesabaran yang penuh.

Perbedaan apa yang Anda rasakan puasa tahun ini dengan tahun kemarin ?

Jawab : Tentu sangat ber­beda dengan tahun-tahun se­belumnya, tahun sebelumnya warung-warung nasi banyak yang tertutup, tetapi tahun sekarang lebih dibiarkan un­tuk terbuka. Pemkot Bogor dalam hal ini mengikuti per­mintaan masyarakat dan men­junjung tinggi nilai pancasila, karena negara bukan untuk menjaga agama tetapi negara untuk merangkul semua ele­men masyarakat seperti yang diamanatkan dalam pancasila.

BACA JUGA :  Punya Nangka Muda di Rumah? Mending Dibuat Ini

Makanan favorit apa yang Anda sukai pada saat berbuka dan sahur ?

Jawab : Makanan favorit saya pada saat ramadan yakni kurma harus selalu ada, selain itu saya juga konsumsi es buah dengan paduan kolang-kaling, labu, timun sari dan mangga karena sangat bagus untuk menggantikan enzim, tak han­ya itu saya juga suka bala-bala. Semua itu dibuat oleh istri ter­cinta.

Tempat Ngabuburit fa­vorit Anda bersama kelu­arga dimana?

Jawab : Tidak pernah ng­abuburit, saya habiskan waktu untuk bekerja dari 11 hari bu­lan puasa saya berbuka di­rumah baru enam kali, sisanya diluar dan Alhamdulillah ke­luarga mendukung pekerjaan saya.

BACA JUGA :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Pengalaman menarik apa yang Anda rasakan ke­tika bulan Ramadan ?

Jawab : Pengalaman men­arik pada saat bulan ramad­han yakni makan bersama dan berkumpul bersama keluarga, itu selalu menjadi momentum yang tidak pernah terlupakan.

Apakah ada pesan-pesan kepada masyarakat luas terkait dengan bulan Rama­dan ?

Jawab : Pesan saya kepada masyarakat di Kota Bogor di bulan suci ramadan agar senantiasa bersabar dalam menjalankan ibadah puasa maupun dalam bekerja, selain itu masyarakat juga harus bisa membedakan antara puasa dengan saum, karena dengan saum kita bisa meningkatkan iman kita kepada Allah SWT dan tercipta suasana yang ten­tram dan damai. (Abdul Ka­dir Basalamah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================