Khadijah ra. adalah wanita yang pandai berdagang. Perda­gangannya sangat maju, sehingga ia termasuk kategori wanita yang kaya raya. Sejarah mencatat, setelah Muhammad SAW diang­kat menjadi Rasul, seluruh harta kekayaannya diserahkan untuk menopang perjuangan dakwah Rasulullah SAW.

Selain itu, Khadijah ra. adalah seorang istri yang sangat pandai dalam menentramkan hati sua­minya. Hal ini antara lain ditun­jukkan ketika Nabi Muhammad baru menerima wahyu yang per­tama dan pulang dari Gua Hira’ dalam keadaan gemetar dan minta diselimuti. Dalam kondisi seperti itu, Khadijah dengan ten­ang menyelimutinya dan mengu­capkan kata-kata yang mampu membuat Rasulullah menjadi tentram.

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Ketiga, tidak mau tertinggal dalam melakukan kebaikan. Si­fat ini tercermin dalam kepriba­dian Asma binti Yazid Ansari ra. Suatu ketika ia diangkat menjadi delegasi oleh kaum wanita untuk mengadukan permasalahannya kepada Rasulullah SAW. Mereka ingin diberikan kesempatan yang sama dengan kaum pria dalam melakukan kebaikan, misalnya dalam berjuang di jalan Allah, melaksanakn shalat jum’at, menghadiri pemakaman jen­azah, dan amalan-amalan lain­nya. Hal ini dikemukakan karena mereka tidak ingin tertinggal dengan kaum pria dalam melaku­kan amal kebaikan.

Menanggapi pengaduan para wanita tersebut, Rasulullah SAW memberikan jawaban yang sung­guh sangat melegakan hati mer­eka, bahwa jika mereka dapat mengelola rumah tangga dengan baik, memenuhi kebutuhan sua­minya dengan penuh keikhlasan dan mendidik putra-putrinya dengan baik, maka pahala yang akan mereka peroleh sama nilainya dengan kaum pria yang berjuang di jalan Allah.

BACA JUGA :  BERGERAK BERSAMA, MELANJUTKAN MERDEKA BELAJAR

Ketiga contoh di atas hany­alah sekelumit dari sederetan ke­muliaan yang dimiliki oleh para wanita didikan Rasulullah SAW. Semakin menggali sejarahnya, maka akan semakin banyak ke­muliaan dan teladan yang dapat diambil dari mereka dan diter­apkan dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu’alam

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================