Untitled-6MUTU Institut Pertanian Bogor (IPB) semakin bagus. Hal itu dibuktikan dengan perbaikan peringkat dalam QS Asia University Ranking.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Alhamdulillah, peringkat IPB naik cukup tajam dalam QS Asia University Ranking dari sebelumnya di posisi 201-220 di Asia naik men­jadi 191 tahun ini,” kata Rektor IPB Prof Dr Herry Suhardiyanto MSc.

Herry menambahkan, pemer­ingkatan bukanlah tujuan utama IPB. Meskipun demikian, IPB memperhatikan beberapa indika­tor dalam pemeringkatan tersebut. “Pemeringkatan bukanlah tujuan utama kami dalam membangun IPB, tapi beberapa indikator dalam pemeringkatan memang penting untuk kami perhatikan,” tutur Herry.

Herry menyebutkan, tahun ini peringkat IPB cukup baik dalam be­berapa hal yaitu antara lain faculty/ student, inbound and outbound student mobility, dan proporsi dosen bergelar doktor terhadap jumlah dosen keseluruhan.

Herry mengungkapkan, dalam pemeringkatan QS Asia University Ranking ini IPB harus kerja keras. Sebab, seperti informasi yang diri­lis oleh QS melalui webinar, kriteria academic reputation dan graduate employability, yang masing-masing berbobot 30 persen dan 20 persen dilakukan melalui survei dengan sebaran responden sebagian besar dari bidang di luar kompetensi uta­ma IPB. Hal itu sebetulnya kurang menguntungkan IPB yang memiliki kompetensi keilmuan spesifik.

Sesuai dengan ranah keilmuan IPB, kata Herry, jumlah publikasi dan sitasi lebih dari 50 persen me­mang di bidang life science. “Kami bersyukur bahwa dalam pemering­katan by subject agriculture and forestry oleh lembaga yang sama, posisi IPB sangat baik yaitu naik peringkat dari 101-150 menjadi 51- 100 dunia,” ujar Herry.