Untitled-23PERANG dingin bakal tersaji dalam dua laga pamungkas di Grup C Euro 2016. Tiga tim dari grup ini masih berpeluang lo­los ke babak 16 besar. Jerman harus melakoni laga hidup mati kontra Irlandia Utara di Parc des Princes, Selasa (21/6/2016) malam WIB. Dengan selisih hanya satu poin, Irlandia memiliki peluang besar menyempurnakan debut mereka di turnamen antara negara Eropa jika lolos dari fase grup.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Untuk itu, skuad asuhan Michael O’Neill itu bakal berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Pasalnya, hasil imbang saja bisa mengantar mereka ke fase gugur, dengan catatan Polandia kalah dari Ukraina yang di saat bersamaan bertanding di Stade Velodrome, Marseille.

Untuk menang atas Der Panzer, tentu bukan tugas mudah untuk Johnny Evans Cs. Pasalnya, dalam lima pertemuan tera­khir kedua tim, Irlandia tidak sekalipun meraih kemenangan. Belum lagi sang juara dunia berambisi mengamankan posisi mereka di puncak klasemen.

Irlandia Utara sendiri berada di peringkat ketiga dengan perolehan 3 poin, mereka hanya berselisih 1 poin dengan peringkat pertama dan kedua yang ditempati Jerman dan Polandia yang sama-sama meraih 4 poin. Untuk itu, kemenangan atas Jerman bisa meny­empurnakan langkah mereka di Euro 2016 kali ini. Sementara Ukraina dipastikan ters­ingkir usai dua kali kalah.

Melawan Jerman yang akan tampil menyerang, pelatih O’Neill diprediksi menurunkan tim yang sama saat mereka mengalahkan Ukraina pekan lalu. Dengan formasi 4-5-1, Conor Wash­ington akan kembali di plot sebagai striker tunggal pada laga ini.

Di posisi sayap, ada Se­bastian Dallas dan Jamie Ward yang akan membantu serangan, sedangkan di lini tengah O’Neill akan menum­puk tiga ge­landang yai­tu Oliver Norwood, Steven Da­vies dan Corry Ev­ans.