Pagi berikutnya, setelai selesai sarapan yang singkat, saya menye­wa sepeda dan berkeliling pulau sendirian. Saya mencium bau khas desa nelayan dan melewati pantai yang tidak terlalu bersih seperti di pulau Kotok dan pulau Sepa. Kemudian saya bersepeda sedikit lebih jauh dari pusat keramaian, saya melihat hutan Mangrove di mana seorang ibu sedang melaku­kan tanggung jawabnya untuk ke­baikan pulau yang di diaminya.

Ibu yang adalah penduduk asli pulau Untung Jawa itu telah bela­jar tentang reklamasi Mangrove, ia memanen mangrove muda dan menanamnya kembali di pojok-pojok bibir laut. Ibu itu berkata bahwa ia ingin melihat pulaunya tanpa masalah di masa yang akan datang. Di pulau Untung Jawa, di­larang menggunakan Styrofoam agar lingungan hijau tetap terjaga. Saya melihat beberapa pemuda yang sedang mengambil sampah di pulau, mereka mengenakan jaket-jaket berwarna oranye, mer­eka adalah para pahlawan keber­sihan di pulau itu.

BACA JUGA :  Pemkot Bogor dan Kejari Kuatkan Kota Ramah Anak dan Keluarga

Dari pulau Untung Jawa, anda dapat menyewa kapal kayu ber­sama teman-teman dan menjela­jah pulau-pulau terdekat, untuk menemukan harta karun yang mungkin belum ditemukan, siapa tahu kan?

Nikmatilah waktu liburan anda…dan lakukan apa yang pal­ing ingin anda lakukan, sepert yang sudah saya lakukan di pulau yang cukup indah ini.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================