IPB_828181975KETUA Umum Himpunan Alumni Institu Pertanian Bogor (HA IPB) Bambang Hendroyono menyebutkan, pemberian bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa IPB penting untuk dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab moral alumni IPB terhadap almamater.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Apabila sudah menye­but IPB maka sege­nap jiwa dan raga kita harus tergerak untuk membantu IPB,” ujar Bam­bang Hendroyono. Bambang lebih lanjut menjelaskan, bantuan pen­didikan yang akan diberikan kepada mahasiswa IPB itu ti­dak hanya ditujukan kepada mahasiswa IPB yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi yang tergolong tidak mampu saja. Bantuan terse­but kelak juga akan diberikan kepada mahasiwa IPB yang berprestasi.

“Untuk tahun ini kita akan membantu sekitar 371 orang calon mahasiswa IPB angkatan 53 yang secara eko­nomi dinyatakan layak untuk dibantu,” katanya. Bambang menjelaskan, bantuan yang akan diberikan kepada 371 orang calon mahasiswa IPB tersebut meliputi uang kuliah sebesar Rp 1.488.452.000 per tahun dan biaya hidup sebesar Rp 2.671.200.000 per tahun. Jika dijumlahkan akan meng­hasilkan angka sebesar Rp 4.159.652.000 per tahun.

“Oleh karena itu, butuh kerjasama kolektif dari semua alumni IPB untuk bahu- mem­bahu dalam membantu mer­ingankan beban biaya pendi­dikan yang akan ditanggung adik-adik kita selama kuliah,” katanya.

Bambang mengemukakan, adapun pengelolaan beasiswa ini akan dikelola oleh badan yang disebut HA IPB Peduli Pendidikan yang bekerja sama dengan IPB.