Untitled-8Kerukunan umat beragama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari nilai-nilai dasar pancasila, salah satu contoh yang menunjukan hal itu, yakni Vihara Dhanagun yang mengadakan acara buka bersama dengan mengundang perwakilan lima agama yang diakui di Indonesia, yakni Islam, Konghucu, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Budha, dan Hindu.

Oleh : Abdul Kadir Basalamah
[email protected]

Acara rutinan yang di­lakukan sejak tiga ta­hun lalu itu pun ber­hasil mengundang sebanyak 400 anak yatim di seluruh kelurahan Kota Bogor. Zaenal Abidin yang men­jadi pembicara dalam tausiah jelang buka puasa berpesan untuk mengedepankan plu­ralisme dan toleransi sebagai kandungan yang diamanatkan falsafah bangsa.

BACA JUGA :  Soal PPDB 2024, DPRD Kota Bogor Minta Disdik Persiapkan Dengan Baik

Menurutnya, perbedaan bukan menjadi persoalan yang menghambat kemajuan bangsa dan agama. Namun, menjadi keindahan yang perlu terus dikedepankan. “Berbeda itu indah. Berbagi keberkahan dan kenikmatan,” katanya.

“Sebagai muslim kami perlu lebih sering membuka diri karena penting untuk menunjukkan seperti apa Is­lam sebenarnya. Dan acara seperti ini merupakan sesuatu yang luar biasa karena melalui persahabatan dan kepercay­aan, berbagai prasangka dan kecurigaan antara pemeluk agama yang berbeda bisa di­hilangkan,” tambahnya.

BACA JUGA :  Oknum Polisi Tega Cabuli Anak Tiri di Surabaya Berkali-Kali

Pembimas Budha Kanwil Kemenag Provinsi Jabar, Eko Supeno mengharapkan agar kerukunan dan kebersamaan dapat terus dipertahankan oleh semua pemeluk agama. “Tidak ada satu agama pun yang menginginkan perpeca­han,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pa­nitia Arifin Himawan meng­harapkan agar kegiatan tersebut dapat diiikuti oleh berbagai daerah lain di Indo­nesia dengan mengedepankan tolong menolong antarumat beragama. “Karena hakikat­nya, manusia ditakdirkan untuk saling mengenal dan berbuat kebajikan. Perbedaan jangan menjadi pengham­bat pembangunan,” urainya. (Patrick/Abdul/ed:Mina)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================