mercedes_c-class_frontMercedes-Benz resmi merakit C-Class sedan di Indonesia. Lalu kapan akan merakit New C-Class Coupe di Indonesia?

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Rupanya untuk bisa merakit kedua model Mercedes-Benz New C-Class Coupe di Indonesia, seperti C-Class sedan tidaklah mudah. Begi­tu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan Mercedes- Benz. “Model ini belum akan kami rakit di Indone­sia,” ujar Deputy Director Sales Operation Mercedes Benz Passenger Car and Network Development Mercedes-Benz Indonesia Kariyanto Hardjo­soemarto.

“Karena ini produk baru, kalau mau SKD atau CKD itu banyak yang harus kita lihat. Seperti seberapa besar potensi volumen­ya, karena persiapan yang perlu dilaku­kan juga sangat besar,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan jika mel­akukan SKD dan CKD di Indonesia, maka harus melihat skala perekono­mian di Indonesia.

“Begitu kita komitmen untuk SKD atau CKD di sini, persiapannya harus kita persiapkan semuanya, baik in­frastruktur dan segala macamnya itu sangat besar. Jadi kami harus ukur skala ekonomisnya, seberapa ekonomis jika dibandingkan kami impor. Kalau yang niche model, seperti C-Class Coupe kami impor terlebih dahulu,” katanya.

Tapi berapa perbedaan harganya jika model seperti ini dirakit di Indonesia atau diimpor dari Jerman

“Beda harga, kalau kita ambil misalnya yang C-Class terdahu­lu. Antara CBU dan CKD, kemarin itu turun kira Rp 60 jutaan. Tapi ini banyak faktor yang menentukan tidak semua mobil yang di-CKD memiliki per­bedaan harga segitu,” tambahnya. (NET)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================