“Sayur dan buah bisa menyerap kolesterol dan gula lebih cepat dalam usus, sehingga penumpukannya tak akan cepat terjadi,” kata Ari. Ia pun mengin­gatkan, bukan hanya makanan khas Lebaran yang bisamenimbulkan penyakit.

Tetapi, jajanan tak sehat yang ban­yak dikonsumsi pasca Lebaran sep­erti bakso, mie ayam dan lainnya, juga berkemungkinan menye­babkan diare. Untuk itu, hindari pula makanan tersebut dan jangan dikonsumsi terlalu banyak. Latifa Fitria

Agar kondisi kesehatan tubuh lebih terkontrol, disarankan pula melaku­kan check-up kesehat­an. Ini penting bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, kolesterol, hipertensi dan sakit jantung. Tapi bagi yang sehat, dianjurkan pula men­jalani puasa syawal, agar asupan makanan yang berlebih bisa ter­kontrol kembali.

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

Tips masak sehat

Untuk menyiasati agar hidangan khas Lebaran lebih sehat, Chef Gungun Chandra, juga punya solusinya. Berikut tipsnya:

-Untuk membuat opor ayam yang lebih sehat, buang kulitnya. Diyakininya, kulit ayam mengandung lemak lebih banyak dibandingkan bagian ayam yang lain­nya.

BACA JUGA :  Enak dan Menyehatkan Tubuh, Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

-Untuk membuat masakan daging, pili­hlah daging tanpa lemak untuk membuat ren­dang.

-Lebih baik jika Anda memasak hidangan Lebaran untuk satu hari saja, karena terlalu sering menghangat­kan makanan akan menyebabkan rusaknya nutrisi yang terkan­dung dalam makanan tersebut.

-Anda bisa mengganti beras merah untuk membuat ketupat, karena beras merah mengandung rendah kalori dan serat yang lebih banyak dibandingkan beras putih.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================