ti_070284100_1466813074-Vaksin-PalsuJAKARTA TODAY– Peredaran vak­sin palsu terus dibongkar. Hingga kini, ada 18 tersangka yang telah mendekam di tahanan. “Saksi ada 19 orang sudah kita perik­sa dan tiga saksi ahli sedang dalam proses penyidikan,” kata Dirtipideksus B a r e s k r i m Mabes Polri Brigjen Pol Agung Setya dalam jumpa pers di kan­tor Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Se­lasa (12/7/2016).

Agung juga menjelaskan ten­tang penyitaan harta para ter­sangka vaksin palsu. Dia me­nyatakan, mengelola uang hasil kejahatan merupak­an kejahatan juga. Kare­na itu tersangka juga

akan dijerat UU Pencucian Uang. “Kami tahu uang hasil kejahatannya dibelanjakan untuk membeli mobil, motor, simpan di tabungan ini dalam proses penyidikan,” papar Agung.

“Nanti kami sampaikan data leng­kapnya tentang berapa rekening yang digunakan. Kami kan tunggu hasil dari bank tentang isinya berapa, ada mobil, motor, rekening kartu kredit, kartu ATM dan sebagainya,” jelas Agung.

Di antara 18 tersangka vaksin palsu yang menonjol adalah pasangan suami istri Hidayat Taufiqurahman dan Rita Agustina. Pasangan ini memposting har­ta kekayaan mereka seperti mobil Pa­jero Sport dan rumah megah di Kemang Pratama Residence di media sosial.

Mabes Polri menduga ada 14 rumah sakit yang membeli vaksin secara tidak resmi. Dari 14 RS yang dicurigai itu, tidak ada 1 pun yang berasal dari RS pemerintah. “Yang jelas tidak ada dari RS pemerintah,” ujar ujar Dir Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agung Setya, dalam jumpa pers seusai menggelar rapat Satgas Vaksin Palsu di kantor Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Selasa (12/7/2016).

BACA JUGA :  Kontroversial Wasit di Laga Indonesia vs Qatar, PSSI Layangkan Protes ke AFC

Hadir dalam rapat tersebut Dirtip­ideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehtan Kemenkes Maura Linda Sitanggang, Direktur Pengawasan Dis­tribusi Obat Badan Pom Arustiono, Sekretaris Umum PP IDAI (Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia) Piprim Basarah Yanuarso, dan Kabiro Komunikasi Kemenkes Oscar Primadi.

Menurut Agung, 14 RS itu diduga terkait pemalsuan vaksin bahkan ter­kait dengan produksi vaksin palsu. Diduga 14 RS itu tersebar di berbagai provinsi terutama di Pulau Jawa dan Sumatera. “Ada proses produksi yang melibatkan pihak tertentu yang kemu­dian sampai pada 14 RS ini,” ucapnya.

Terkait nama RS-nya, Agung tidak bisa membeberkan karena ini masih tahap penyidikan. “Nanti kami sam­paikan data lengkapnya,” ucapnya.

Vaksin palsu diketahui juga selama ini tidak hanya beredar di Pulau Jawa. Namun, vaksin palsu ditemukan telah meluas beredar ke Sumatera dan seki­tarnya. Ini temuan Satgas Vaksin Palsu.

Temuan itu diungkapkan oleh Direktur Pengawasan Distribusi Obat Badan POM, Arustiono, ber­sama lembaga lain saat menggelar hasil rapat di kantor Kementerian Ke­sehatan, Jalan HR Rasuna Said, Selasa (12/7/2016). «Temuan Badan POM ada di 9 provinsi yaitu di Pekanbaru (Riau), Palembang (Sumsel), Bandar Lam­pung (Lampung), Serang (Banten), DKI Jakarta, Bandung (Jabar), Sura­baya (Jatim), Pangkal Pinang (Babel), Batam,» jelas Arustiono.

Selain itu, menurut dia, ada 37 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyank­es) di 9 provinsi mendapat vaksin dari sumber tidak resmi dengan jumlah sampel sebanyak 39 jenis. “Terdapat 37 (fasilitas) berada di 9 provinsi yang mendapat vaksin dari sumber tidak resmi. Jumlah sampel sebanyak 39 je­nis,” tutur dia.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 17 April 2024

Badan Pengawas Obat dan Makan­an (BPOM) menemukan 37 fasilitas layanan kesehatan di 9 provinsi yang membeli vaksin dari distributor tidak resmi. Sampel vaksin dari 37 lokasi tersebut kemudian diuji dan hasilnya terdapat beberapa vaksin palsu di dalamnya. “Badan POM sudah men­guji sampel vaksin tersebut dan hasil menunjukkan dari 39 sampel ditemu­kan 4 sampel yang isinya tidak sesuai atau palsu. Dan 1 sampel diduga palsu karena label tidak sesuai,” kata Ke­pala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Oscar Primadi dalam keterangan tertulis, Selasa (12/7/2016).

Oscar menyebut, BPOM juga melakukan pengujian teradap bebera­pa sampel yang saat ini tengah menjadi barang sitaan Bareskrim. Ada 15 produk yang diuji dan badan POM kembali men­emukan beberapa vaksin palsu.”Telah selesai diperiksa 15 produk, terdapat 5 produk yang terbukti kandungannya palsu. 1 produk vaksin yang kadarnya tidak sesuai dan 1 produk yang labelnya tidak sesuai,” papar Oscar.

Temuan-temuan ini disampaikan pada rapat satuan tugas (satgas) terkait kasus peredaran vaksin palsu yang di­gelar siang tadi. Kemenkes, sambung Oscar, akan melakukan pendataan ulang pasien yang diduga sudah menerima vaksin palsu.

“Kemenkes akan memberikan vak­sinasi ulang kepada anak-anak yang ter­data mendapat vaksin palsu. Vaksinasi ulang akan dimulai dari satu klinik yang berada di Ciracas, Jakarta Timur, pekan depan karena datanya telah tersedia,” tutup Oscar.

(Yuska Apitya Aji)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================