Terkena Skizofrenia

Studi juga mengungkapkan satu lagi efek buruk dari kebiasaan merokok pada wanita hamil. Dikatakan bahwa jika dilakukan selama proses kehamilan, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko anak untuk terkena skizofre­nia kelak.

Seperti dikatakan oleh peneliti dari University of Co­lumbia, Alan Brown, bahwa paparan nikotin tingkat tinggi dalam darah ibu dikaitkan dengan 38 persen peningkatan risiko skizofrenia.

BACA JUGA :  Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

Dalam studi ini, tim peneliti menganalisis data dari 1.000 pasien skizofrenia dan mencocokkan catatan kela­hiran dan kesehatan mereka dengan orang-orang yang tidak merokok. Kebiasaan merokok peserta dinilai ber­dasarkan kadar nikotin dan cotinine dalam darah. Tes da­rah ini dilakukan pada trimester pertama dan trimester ketiga.

“Ini adalah studi pertama yang menemukan antara pa­paran nikotin pada janin dan skizofrenia,” tutur Brown, seperti dikutip dari Mirror.

BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Psychiatry. Berdasarkan hasil studi ini, Brown merekomendasikan bagi wanita untuk berhenti merokok mulai dari sebelum hamil. Selain itu, akan jauh lebih baik jika wanita hamil juga menghindari paparan asap rokok. (detik)

Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Perinatalogy.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================