foto-hari-pertama-sekolah-(3)BOGOR, TODAY—Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memantau kegiatan Hari Pertama Sekolah (HPS) di SDN Polisi 1, Jalan Paledang Kota Bogor, Senin (18/7/2016). Walikota Bogor Dr Bima Arya Sugiarto mendampingi langsung kegiatan pemantauan di hari pertama sekolah.

Hal tersebut dilakukan terkait dengan Su­rat Edaran (SE) Mendikbud No. 4 Tahun 2016 yang berisi imbauan agar orangtua mengan­tarkan anaknya pada HPS agar tercipta iklim dan kondisi pembelajaran yang positif dan menyenangkan. Pemantauan dilakukan mu­lai pukul 06.00 WIB. Saat memantau, Anies langsung menyambut anak-anak dan orang­tua murid yang datang. “Selamat datang di sekolah,” ujar Anies saat menyambut murid SD yang diantar oleh orangtuanya.

Dalam kesempatan itu, Anies menyam­paikan apresiasi bagi para pelaku usaha karena juga memberikan izin kepada kary­awannya mengantar anak-anak mereka un­tuk hari pertama sekolah. “Tidak lupa saya sampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung imbauan untuk mengantarkan anaknya ke sekolah,” ujarnya, Senin (18/7/2016).

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, Mahasiswi Unnes Tewas Tertabrak Bus Feeder di Trangkil Semarang

Anies juga menegaskan kehadiran negara di hari pertama sekolah memberi pesan kuat bahwa sekolah adalah tempat yang aman bagi siswa. Di samping pesan moral bahwa semua anak bisa sekolah. Anies mengatakan, dukun­gan berbagai pihak menunjukkan pentingnya momen hari pertama sekolah bagi anak-anak yang memasuki jenjang pendidikan baru di tingkat TK, SD, SMP, maupun SMK/SMA.

“Hari ini adalah salah satu hari ba­hagia, karena orangtua bisa langsung mengantarkan anaknya ke sekolah. Komunikasi antara guru dan orangtua pun penting karena pendidikan mem­butuhkan kolaborasi semua pihak,” ungkapnya.

Anies Baswedan mengapresiasi orangtua yang antusias mengantarkan anaknya pada hari pertama ke seko­lah. Menurutnya, ini merupakan wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan di Indonesia. “Atas nama pemerintah saya ucapkan selamat datang dan me­nyatakan apresiasinya. Kegiatan men­gantar ini merupakan wujud kepedulian terhadap pendidikan anak kita,” ujarnya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 9 Juli 2024

Senin (18/7/2016) merupakan hari baru bagi para peserta didik di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, Anies pun mengungkapkan sejumlah pesan bagi 50 juta siswa di seluruh daerah. Anies meminta para generasi penerus bangsa ini belajar dengan rajin.

Anak-anak pun diharapkan bisa mengikuti pesan dari guru, kepala sekolah, wali kelas dan orangtua den­gan baik. Segala kegiatan yang dilak­sanakan di sekolah perlu dijadikan pengalaman berkesan bagi para siswa.

======================================
======================================
======================================