46-valentino-rossi-ita-93-marc-marquez-esp_gp_8812.gallery_full_top_fullscreenSACHSENRING– Saat Marc Marquez bakal menghabiskan libur paruh musim MotoGP 2016 dengan berpesta, Jorge Lorenzo justru harus memutar otak agar bisa menaklukkan ban Michelin dalam trek basah. Seperti dik­etahui, ia kesulitan dalam dua balap terakhir di Sikuit Assen, Belanda dan yang terbaru di Sachsenring, Jerman saat balap disertai hujan. Pada GP Jerman, Minggu (17/7/2016) malam WIB, Lorenzo tercecer hingga akhirnya fi­nis di urutan ke-15 dengan selisih waktu 1 menit 17 detik dari sang jawara, Mar­quez. Ini merupakan hasil terburuk yang diraih rider Movistar Yamaha selama membalap di kelas para raja.

Selain itu, balapan basah ter­bukti menjadi kelemahan juara dunia MotoGP tiga kali itu dengan ban Michelin. Sebelumnya di As­sen, Belanda, Lorenzo juga tercec­er usai finis di peringkat ke-10 den­gan selisih 27 detik dari Jack Miller, yang keluar sebagai pemenang.

BACA JUGA :  Timnas Garuda Melejit, Peringkat FIFA Indonesia Naik 1 Posisi

“Aku jelas harus melakukan sesuatu, sungguh-sungguh, den­gan ban Michelin, di kondisi seperti ini (basah). Dengan ban Bridgestone, aku terkadang bisa bertarung untuk ke­menangan, terkadang bisa bertarung untuk posisi kelimatapi sekarang, dengan motor dan ban-ban ini dan kondisi ini, aku jauh lebih kesulitan, “ kata Lorenzo yang dilan­sir Motorsport. “Saat pemanasan, aku sangat buruk, empat detik lebih lambat daripada pe­balap tercepat. Di balapan, aku meningkatkan kecepatanku satu detik, satu setengah detik lebih cepat, aku bisa bersaing dengan Dani Pe­drosa di awal, dengan Pol Espargaro, kurang lebih begitu,” lanjutnya.

“Tapi, ketika lintasan mulai kering, aku mulai kehilangan rasa di bagian depat motor, pebalap lain bisa mempertahankan kecepa­tannya dan aku tidak. Mudah-mudahan ini akan lebih baik,” tukas pebalap Spanyol itu.

BACA JUGA :  Argentina Amankan Gelar Copa America ke-16

“Aku berharap aku akan melakukan ses­uatu untuk memperbaikinya sejauh yang kubisa, untuk meningkatkan rasa percaya diriku. Aku melihat bahwa tidak mudah bagiku, dengan gaya membalapku, untuk secepatnya mendapatkan kepercayaan diri dengan ban-ban ini. Aku harus melakukan sesuatu,” cetus Lorenzo.

Alibi Rossi Sementara rekan setim Lorenzo di Yama­ha, Valentino Rossi juga meraih hasil buruk di GP Jerman. Ia finis di urutan kedelapan usai sebelumnya bersaing di barisan tiga tiga besar. The Doctor itu pun akhirnya mengelu­arkan alibinya.

Ia mengaku pace-nya justru lebih lambat seusai masuk pit dan mengganti motor tung­gangannya. Seperti diketahui, Marquez ke­luar sebagai pemenang dalam balapan yang awalnya dalam kondisi trek basah ini.

======================================
======================================
======================================