“World Lupus Federation adalah suatu langkah awal untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit yang sulit untuk didiagnosa, sering tidak terlihat, dan tidak dapat di­duga dengan membawa organisasi lupus di seluruh dunia bersama-sama,” ujar Chris Maker, Director dari Lupus UK.

Sandra C. Raymond, President dan CEO dari Lupus Foun­dation of America (LFA) menambahkan, penyakit lupus se­lama ini belum memperoleh pendanaan untuk riset dan kurang perhatian masyarakat.

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Padahal, lupus merupakan masalah kesehatan yang serius. Melalui WLF, diharapkan dapat bersama-sama mengatasi masalah yang kerap dihadapi odapus, seperti la­manya waktu untuk men­diagnosa, kurangnya edukasi di kalangan pro­fessional medis d a n masyarakat, serta masih kurangnya pendanaan untuk riset.

BACA JUGA :  Apakah Boleh Makan Yogurt Setiap Hari? Simak Ini

Ketua Yayasan Lupus Indonesia Tiara Savitri mengung­kapkan, lupus bisa menyerang siapa saja. Berdasarkan data Yayasan Lupus Indonesia, hingga saat ini terdapat 17.286 orang dengan lupus (odapus) di seluruh Indonesia.Namun, lupus bagai fenomena gunung es. Di­perkirakan terdapat 1,5 juta odapus di Indonesia. (NET)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================