Dua sindrom klinis ITP yang berbeda bermanifestasi sebagai kondisi akut pada anak-anak dan kondisi kronis pada orang dewasa. Bentuk akut sering diikuti den­gan infeksi dan memiliki resolusi spontan dalam waktu dua bulan. ITP kronis berlan­jut lebih dari enam bulan dengan penye­bab spesifik yang tidak diketahui.

Diagnosis ITP dilihat dari jumlah trom­bosit yang rendah dalam tes darah lengkap (tes darah umum). Namun, karena diagno­sis juga tergantung pada penyebab lain, pe­nyelidikan tambahan (seperti biopsi sum­sum tulang) mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Selada Air Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Pada kasus ringan, observasi hati-hati mungkin diperlukan tapi jumlah trombosit yang sangat rendah atau perdarahan yang signifikan mungkin akan memerlukan pen­gobatan dengan kortikosteroid, imuno­globulin intravena, anti-D immunoglobu­lin, atau obat imunosupresif.

Transfusi trombosit dapat dilakukan namun kadang-kadang tubuh mengom­pensasinya dengan membentuk trombosit berukuran besar yang abnormal.Meski penyakit autoimun masih belum diketahui penyebabnya, namun kita bisa mewaspa­dai diri sendiri dengan memerhatikan fak­tor risiko. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala terkait penya­kit-penyakit di atas. Makin cepat diketahui, maka makin besar kemungkinan untuk bisa disembuhkan.

BACA JUGA :  Konsumsi Ini Sebelum Tidur, 3 Minuman Penghancur Lemak Perut

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================