Untitled-3MADINAH, TODAY—Jamaah Haji Indonesia sudah tiba di Madinah. Ada sekitar 4000- an jamaah yang tiba di Bandara Madinah s e j a k p u k u l 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS). 10 kloter yang sudah tiba itu terdiri dari 4.061 ja­maah. Sementara itu ada 50 orang petugas kloter sehingga totalnya 4.111 orang.

Sebelumnya untuk petu­gas non kloter telah tiba sekitar 3.250 orang di Arab Saudi. Mereka terbagi ke dalam tiga daerah kerja yak­ni Makkah, Madinah dan Airport (Jed­dah dan Madinah). “Para petugas kini sudah menempati pos masing-masing di sejumlah sektor dan siap melayani jamaah,” ujar kepala daerah kerja air­port Jeddah Madinah Nurul Badrutta­mam, Rabu (10/8/2016).

Sebelumnya, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan telah diberangkatkan 11 kloter kurang lebih sebanyak 4.459 jamaah dari 9 embarkasi. Calon jamaah haji gelom­bang pertama sudah bisa diberang­katkan karena visa sejak beberapa hari lalu sudah selesai dan tidak ada masalah.

“Hari ini, ada belasan kloter dari 13 embarksi berangkat. Terus berang­sur-angsur, mudah-mudahan gelom­bang pertama ini sudah bisa diberang­katkan seluruhnya. Karena seluruh visa gelombang pertama sudah selesai tidak ada masalah,” kata Lukman Ha­kim usai membuka Festival Alquran, Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM & PTA) se-Indonesia, di Universitas Muhammadiyah Yogya­karta (UMY), Rabu (10/8/2016).

BACA JUGA :  BERGERAK BERSAMA, MELANJUTKAN MERDEKA BELAJAR

Calon jamaah haji asal Indonesia secara bertahap mulai diberangkat­kan ke Arab Saudi. Calon jamaah haji yang telah bertolak ke tanah suci pada gelombang pertama telah mencapai ribuan orang.

Lukman mengatakan telah dib­erangkatkan 11 kloter kurang lebih sebanyak 4.459 jamaah dari 9 embar­kasi. Calon jamaah haji gelombang pertama sudah bisa diberangkatkan karena visa sejak beberapa hari lalu sudah selesai dan tidak ada masalah. Untuk visa calon jamaah haji gelom­bang 2, saat ini sedang dalam proses. Pihaknya berharapkan visa calon ja­maah haji gelombang 2 dapat ditun­taskan pada waktunya nanti.

Calon jamaah haji Indonesia un­tuk gelombang 2 mulai diberangkat­kan pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan Agustus. Seluruh calon jamaah haji In­donesia yang jumlahnya kurang lebih 168.800 orang terbagi dalam 2 gelom­bang. Gelombang pertama menda­rat di Madinah, dan gelombang ke 2 mendarat di Jeddah.

“Jadi kalau ada visa yang belum se­lesai di gelombang 2 itu maklum, kare­na memang belum ditangani intensif karena masih fokus di gelombang per­tama. Mudah-mudahan pada saatnya itu akan dituntaskan,” katanya.

Proyek Belum Rampung

Sementara itu, menjelang musim haji 2016, proyek perluasan Masjidil Haram masih berjalan. Namun itu tak mengurangi antusiasme umat Islam untuk melakukan ibadah di sana.

BACA JUGA :  Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Data dihimpun, sekitar pu­kul 01.00 waktu Arab Saudi, Rabu (10/8/2016), suasana di Masjidil Haram masih terbilang sepi. Jumlah jamaah yang melakukan umrah atau ibadah lainnya tak sampai memenuhi seluruh area masjid. Menjelang salat Subuh, suasana masjid semakin ramai. Ban­yak jamaah dari berbagai negara, ter­masuk sejumlah petugas haji dari In­donesia, melakukan umrah. Beberapa lainnya mengikuti salat subuh berja­maah, membaca Al Quran dan ibadah lainnya.

Di sekeliling Masjidil Haram, ter­lihat jelas beberapa pekerja proyek perluasan masjid masih sibuk beker­ja. Ada beberapa titik masjid yang ditutup karena renovasi dan dijaga petugas. Untuk area di luar masjid, sejumlah crane juga masih terlihat beroperasi. Sedikitnya ada 5 crane raksasa yang menunjang aktivitas para pekerja. Proyek perluasan Masji­dil Haram sudah berjalan sejak tahun 2013. Sejak itu pula, kuota jamaah haji di setiap negara dikurangi 20 persen karena ada penyempitan area selama renovasi.

Akibatnya jamaah haji Indone­sia yang sebelumnya berjumlah 211 ribu orang kini hanya 168.800 orang setelah dikurangi 20 persen. Kondisi ini membuat beberapa jamaah ha­rus menunggu lebih lama untuk bisa berangkat ke Tanah Suci. Perluasan Masjidil Haram diprediksi akan selesai tahun depan. (Yuska Apitya Aji)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================