Untitled-4MADINAH, TODAY—Jamaah calon haji Indonesia yang tiba di Madinah terus bertambah. Hingga hari ini pukul 11.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sudah ada 29 kloter dengan jumlah 11.744 orang.

“Ada 29 kloter terdiri dari 11.599 jamaah dan 145 petugas kloter. Totalnya ada 11.744,” ucap Kepala Daerah Kerja Bandara Ma­dinah dan Jeddah Nurul Badrutta­mam, Kamis (11/8/2016).

Penerbangan kloter menggu­nakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines. Pener­bangan sempat alami delay. “Rata-rata delay Garuda 6 jam 7 menit. Saudi 49 menit,” kata Nurul.

Sebelumnya, pagi hari pada pukul 08.00 WAS jumlah kloter yang sudah sampai di Madinah berjumlah 27 dengan total jamaah 11.101 orang. Para jamaah yang tiba akan dibawa ke penginapan di Madi­nah.

BACA JUGA :  Sarapan dengan Tumis Tahu Goreng Bumbu Cabe, Dijamin Keluarga Suka

Selama sembilan hari di Madinah mereka akan melakukan kegiatan iba­dah masing-masing. Setelah itu para jamaah akan dibawa ke Makkah den­gan menggunakan bus. “Mereka akan langsung menuju Makkah mulai tang­gal 18 Agustus,” ucap Nurul.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan menyiapkan konsumsi istimewa bagi para jamaah haji. Meski kateringnya berasal dari Arab Saudi, tapi cita rasa Indonesia tetap menjadi yang utama.

Syarat utama katering adalah me­miliki peralatan besar, pemanas, ada juru masak asal Indonesia sampai ko­tak kemasan. Di kotak itu juga dibeda­kan warnanya dan waktu ideal untuk memakannya. “Prioritas kita seka­rang layanan akomodasi transportasi dan katering yang lebih meningkat. Makanya tahun ini katering di Makkah jamaah makan 15 kali, sekarang 24 kali,” ujar Dirjen Haji Kemenag Abdul Djamil, Kamis (11/8/2016).

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Nasi Goreng Cumi ala Thai yang Gurih dan Sedap Bikin Nagih

Para jamaah akan mendapat jatah makan satu kali saat tiba di Jeddah. Lalu 18 kali saat di Madinah dan 24 kali saat di Makkah selama 12 hari atau se­hari 2 kali.

============================================================
============================================================
============================================================