JAKARTA TODAY — F1 dan MotoGP sudah merilis kalendar balap sementara untuk tahun 2017. Keduanya memilih tanggal yang sama untuk memulai musim, dan memiliki 6 seri kembar.

MotoGP lebih dulu merilis kalendar sementaranya, yang terdiri dari 18 balapan. Sementara F1 akan memiliki 21 seri di sepanjang tahun depan.

Yang menarik, dua event balap paling bergengsi itu memilih hari yang sama untuk menggulirkan kompetisi. Bendera start akan dikibarkan pada 26 Maret.

Meski start di hari yang sama, F1 dan MotoGP menempati dua slot waktu yang berbeda. Itu terjadi karena perbedaan waktu antara dua tuan rumah bapan perdana. MotoGP akan dimulai dengan balapan malam di Qatar, sementara deru mesin F1 akan pertama terdengar di Australia.

Ini tentunya sudah diperhatian oleh FIM dan FIA karena keduanya punya target pasar televisi yang sama. Kondisi serupa terjadi pada lima balapan lain yang digelar di hari yang sama.

Setelah kembar di seri pembuka, F1 dan MotoGP juga memilih tanggal yang sama untuk seri kedua, yakni 9 April. MotoGP dihelat di Argentina sementara F1 mampir di China.

Balapan-balapan lain yang digelar di hari yang sama adalah pada 11 Juni (MotoGP Katalunya dan F1 Kanada), 27 Agustus (MotoGP Inggris dan F1 Belgia), 22 Oktober (MotoGP Australia dan F1 Amerika Serikat) serta 12 November (MotoGP Valencia dan F1 Brasil).